Kemandirian Belajar Mahasiswa Jurusan Bimbingan Dan Konseling Angkatan 2023/2024 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kemandirian Belajar Mahasiswa Jurusan Bimbingan Dan Konseling Angkatan 2023/2024

Kemandirian Belajar Mahasiswa Jurusan Bimbingan Dan Konseling Angkatan 2023/2024

Pengarang : Riske Desti Sari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Menanamkan sikap kemandirian pada diri mahasiswa, merupakan bentuk dari kemandirian mahasiswa belajar dan berlatih dalam membuat rencana, memilih alternatif, membuat keputusan, bertindak sesuai dengan keputusannya sendiri serta bertanggung jawab atas segala sesuatu yang dilakukannya. Maka dari itu mahasiswa akan menjadi pribadi yang jauh lebih mandiri, dikarenakan mampu melakukan aktivitasnya atas tanggung jawabnya sendiri tanpa banyak menggantungkan diri kepada orang lain. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh dari angket yang terdiri dari 45 item pernyataan dengan 4 alternatif jawaban. Dari hasil analisis data, secara keseluruah terdapat pada kategori rendah, dengan presentase 41,4% Artinya kemandirian belajar mahasiswa Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Unversitas Borneo Tarakan memiliki kurang mandiri dalam belajar. Hal ini menunjukkan, bahwa permasalahan dalam mahasiswa seperti kemandirian merupakan kemampuan seseorang untuk mengadakan interaksi dengan orang lain dan tidak tergantung pada aksi orang lain.

Kata Kunci: Kemandirian, Belajar, Bimbingan, Konseling

Instilling a sense of independence in students involves encouraging them to leam and practice making plans,choosing alternatives,making decisions,acting according to their own choices,and taking responsibility for their actions.By doing this activity,students become more self-reliant as theycan carry out activities on their responsibility without heavily depending on others.The result of the study was based on a questionnaire consisting of 45 statement items with four alternative responses.The overall data analysis indicated that the students' independence in learning was categorized as low,with a percentage of 41.4%.It means that students in the Guidance and Counseling Department of the Faculty of Teacher Training and Education at the University of Bomeo Tarakan exhibit a lack of independence in learning This finding highlights the issue of student independence,which is the ability to interact with others without relying on others'actions. Keywords: Independence, Learning, Guidance and Counseling

Detail Informasi