
Analisis Kemandirian Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Borneo Tarakan
Pengarang : Naimatul Mardiah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Kemandirian belajar merupakan peningkatan dalam pengetahuan, kemampuan, atau perkembangan individu di mana individu memilih dan menentukan sendiri tujuan dalam pembelajaran, Tujuan untuk menganalisis kemandirian belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Borneo Tarakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. kusioner/ angket penelitian ini berjumlah 30 item dan dibagikan kepada 110 responden. 110 orang responden yang telah mengisi angket tentang kemandirian belajar mahasiswa didapatkan data bahwa ada 12 orang responden yang memiliki frekuensi kemandirian belajar sangat mandiri dengan persentase 10% , untuk frekuensi kemandirian belajar mandiri terdapat 29 orang responden mahasiswa dengan persentase 26%, untuk frekuensi kemandirian belajar cukup mandiri terdapat 67 orang responden mahasiswa dengan persentase 61%, sedangkan untuk frekuensi kemandirian belajar kurang mandiri terdapat 2 orang responden mahasiswa dengan persentase 2%. Hal ini menunjukkan responden yang menjadi sampel peneliti ini paling banyak memiliki kemandirian belajar yang cukup mandiri.
Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Responden, Angket
Learning independence is an attitude of learning activities that take place more pushed by one's own will, own choice and responsibility for oneself from the learning process. The purpose of this study was to analyze the learning independence of students in Biology Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, University of Borneo Tarakan. The method used in this study was a survey method using a quantitative approach. The research instrument was in the form of a questionnaire with a total of 30 statement items and distributed to 110 respondents. The results of this study explained that there were students who have learning independence with a very independent category as much as 11%, students who have learning independence with an independent category as much as 26%, students who have learning independence with a fairly independent category as much as 61%, and students who have learning independence in the category of less independent as much as 2%. Overall, the respondents who were sampled in this study from the Biology Education Department had learning independence in the category of being quite independent. Keywords: Learning Independence, Respondents, Questionnaire.