Pengembangan Media Big Book Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia Kelas III SDN 052 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Big Book Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia Kelas III SDN 052 Tarakan

Pengembangan Media Big Book Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia Kelas III SDN 052 Tarakan

Pengarang : Nurul Hadiah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dimana penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan sebuah produk. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh tahap, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk kelompok terbatas, revisi produk, uji coba produk kelompok luas, revisi produk akhir, desiminasi dan implementasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menghasilkan sebuah media pembelajaran yaitu Big Book dengan materi pertumbuhan dan perkembangan manusia yang layak serta efektif yang ditinjau dari ahli materi, ahli bahasa, ahli media, ahli praktisi, dan soal serta hasil tes soal siswa. Dengan hasil validasi ahli materi diperoleh sebesar 86,66%, termasuk kategori sangat layak, ahli bahasa diperoleh sebesar 88%, termasuk kategori sangat layak, ahli media diperoleh sebesar 95,38%, termasuk kategori sangat layak, ahli praktisi diperoleh sebesar 100%, termasuk kategori sangat layak, serta tes soal diperoleh sebesar 87,27%, termasuk kategori sangat layak. Hasil tes soal yang dikerjakan peserta didik pada uji coba kelompok terbatas diperoleh sebesar 72,72%, termasuk kategori efektif, dan pada uji coba kelompok luas diperoleh sebesar 96,42%, termasuk kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil uji validasi serta uji keefektifan, menunjukan bahwa media pembelajaran Big book dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Diharapkan dengan adanya media pembelajaran Big book dapat memfasilitasi siswa dalam proses pembelajaran dan bagi guru diharapkan agar memanfaatkan media pembalajaran Big book dalam kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci: Borg and Gall, Big Book, Media Pembelajaran

This research was a Research and Development (R&D) which was conducted with the aim of developing a product, specifically a Big Book on human growth and development, following Borg and Gall's ten-stage procedure. These stages included identifying potential and problems, data collection, product design, design validation, design revision, limited group product trial, product revision, broad group product trial, final product revision, and dissemination and implementation. The focus of this research was to develop and produce a learning media that was both feasible and effective, specifically a Big Book on human growth and development, evaluated by material experts, linguists, media experts, practitioners, and through student test results. Validation results indicated that material experts rated the Big Book at 86.66% (very feasible), linguists at 88% (very feasible), media experts at 95.38% (very feasible), practitioner experts at 100% (very feasible), and the test instrument at 87.27% (very feasible). Student test results showed the Big Book's effectiveness, with limited group trials scoring 72.72% (effective) and broad group trials scoring 96.42% (very effective) Based on the results of the validation test and the effectiveness test, it indicated that Big Book learning media was declared feasible and effective for use in the learning process. It is expected that the Big Book learning media will enhance the learning process for students and be a valuable resource for teachers in their instructional activities. Keywords: Borg and Gall, Big Book, Learning Media

Detail Informasi