Hubungan Efikasi Diri Dan Motivasi Bidan Terhadap Kesiapan Pelayanan Baby Spa Treatment Di Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Efikasi Diri Dan Motivasi Bidan Terhadap Kesiapan Pelayanan Baby Spa Treatment Di Kota Tarakan

Hubungan Efikasi Diri Dan Motivasi Bidan Terhadap Kesiapan Pelayanan Baby Spa Treatment Di Kota Tarakan

Pengarang : Lisa Agustiana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Baby spa treatment adalah salah satu jenis terapi komplementer yang memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang bayi dan balita. Jumlah Bidan yang melakukan pelayanan baby spa treatment masih terbatas di kota Tarakan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan efikasi diri dan motivasi bidan terhadap kesiapan pelayanan baby spa treatment di Kota Tarakan Tahun 2024. Penelitian ini deskriptif analitis dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Uji statistic menggunakan Chi-square, populasi peneltian berjumlah 38 bidan sampel menggunakan total sampling yang berjumlah 38. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 21 bidan (55,3%) memiliki efikasi diri rendah, 28 bidan (73,7%) memiliki motivasi baik, terdapat 22 bidan (57,9%) memiliki tingkat kesiapan siap. Hasil analisis bivariat didapatkan hasil ada hubungan efikasi diri P = 0,037 < α (0,05), dan ada hubungan motivasi P = 0,037 < α (0,05) dengan kesiapan bidan terhadap pelayanan baby spa treatment di kota Tarakan. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan efikasi diri dan motivasi bidan terhadap kesiapan pelayanan baby spa treatment di kota tarakan.

Kata Kunci: Baby Spa, Efikasi Diri, Motivasi, Kesiapan

Baby spa treatment is a complementary therapy with many benefits for the growth and development of infants and toddlers. The number of midwives providing baby spa treatment services in Tarakan City is still limited. This study aims to examine the relationship between self-efficacy and motivation of midwives and their readiness to provide baby spa treatment services in Tarakan City in 2024. This descriptive-analytical study used a cross-sectional approach. The statistical test employed was Chi-square, with a research population of 38 midwives, all of whom were included in the sample using total sampling. The results showed that 21 midwives (55.3%) had low self-efficacy, 28 midwives (73.7%) had high motivation, and 22 midwives (57.9%) were ready to provide baby spa treatment services. Bivariate analysis indicated a significant relationship between self- efficacy (P = 0.037 < a (0.05)) and motivation ( P = 0.037 < a (0.05)) with midwives' readiness to provide baby spa treatment services in Tarakan City. Keywords: Baby Spa, Self-Efficacy, Motivation, Readiness

Detail Informasi