Pengembangan Media Pembelajaran P3 (Papan Pintar Pecahan) Dalam Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas III Di SDN 042 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran P3 (Papan Pintar Pecahan) Dalam Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas III Di SDN 042 Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran P3 (Papan Pintar Pecahan) Dalam Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas III Di SDN 042 Tarakan

Pengarang : Noviani Wanda Silpia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran P3 (Papan Pintar Pecahan) dalam proses belajar yang menyenangkan di dalam kelas, serta membantu guru kelas dalam proses pemberian materi kepada siswa khususnya siswa kelas III SD dalam materi pecahan sederhana yang ditinjau dari validasi media, materi, dan juga praktisi. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran P3 yang dikembangkan oleh peneliti yang ditinjau dari angket respon siswa. Jenis penelitian, yakni RnD (Research and Development) dan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Kelayakan media pembelajaran P3 (Papan Pintar Pecahan) ditinjau dari hasil persentase validasi media sebesar 80%, persentase validasi materi sebesar 82%, dan persentase validasi praktisi 96%, sehingga diperoleh rata-rata persentase dari ketiga validasi tersebut yaitu sebesar 86% yang menunjukkan pada kategori sangat layak. Respon siswa terhadap media pembelajaran P3 ditinjau dari hasil persentase angket respon siswa kelas III yaitu pada saat uji coba terbatas yang dilakukan di kelas III A dengan jumlah subjek 10 siswa diperoleh hasil persentase sebesar 84% dan pada uji coba lapangan yang dilakukan di kelas III B dengan jumlah subjek 28 siswa menunjukkan hasil persentase sebesar 92%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil dari uji coba terbatas dan uji coba lapangan masuk dalam kategori sangat tertarik.

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Pecahan, Media Pembelajaran P3 (Papan Pintar Pecahan)

This study aimed to develop P3 (Papan Pintar Pecahan) learning media to create an enjoyable learning process in the classroom and assist teachers in delivering material to students, specifically third-grade students, on simple fractions. The development was evaluated from the perspectives of media validation, material validation, and practitioner validation. Additionally, this study seeks to determine students’ responses to the P3 learning media developed by researcher, as assessed through student response questionnaires. The research type was RnD (Research and Development), using the ADDIE development model, which consists of five stages: Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The feasibility of the P3 learning media was assessed with a media validation percentage of 80%, material validation percentage of 82%, and practitioner validation percentage of 96%, resulting in an average validation persentage of 86%, indicating a category of highly fesible. Student responses to the P3 learning media, as measured by response questionnaires during limited trials with ten third-grade A students, yielded a persentage of 84%, and field trials with 28 third-grade B students showed a persentage of 92%. Therefore, it can be concluded that the results from both limited and field trials fall into the category of highly interested. Keywords: Research and Development, Fractions, P3 Learning Media (Papan Pintar Pecahan)

Detail Informasi