
The Use Of Media In Teaching English To Tenth Grade Students At SMKN 2 Tarakan
Pengarang : Fitriani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media apa saja yang digunakan oleh guru dalam mengajar bahasa Inggris, dan mengetahui jenis media apa yang dominan digunakan guru dalam mengajar bahasa Inggris di kelas sepuluh Teknik Otomotif A SMKN 2 Tarakan. Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dalam memilih sampel. Kelas X teknik otomotif A menjadi sampel dalam penelitian ini, yang berjumlah 36 siswa. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan analisa dokumen. Peneliti menggunakan tahapan Miles dan Huberman dalam menganalisis data, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media yang digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris di dalam kelas terdapat dua jenis media yaitu media konvensional seperti papan tulis, buku bahasa Inggris, dan media modern seperti laptop (PowerPoint), dan LCD Proyektor, serta Smartphone (Google Chrome). Media pembelajaran yang dominan digunakan oleh guru Bahasa Inggris adalah media modern. Siswa memiliki pendapat yang positif terhadap media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Siswa berpendapat bahwa penggunaan media dalam proses pembelajaran bahasa Inggris sangat membantu dan mempermudah proses pembelajaran, membuat siswa lebih percaya diri, membuat siswa merasa senang, dan tertarik untuk belajar, serta dapat memotivasi siswa untuk lebih giat belajar.
Kata kunci: Media, Pembelajaran Bahasa Inggris
The purpose of the research was to find out media used by teachers in teaching English, and to determine the types of media that are dominantly used by the teachers in teaching English to the tenth grade students of class automotive engineering A in SMKN 2 Tarakan. The research used was a descriptive-qualitative method. The researcher used the purposive sampling technique in selecting the sample. Class X automotive engineering A was the sample for the research, totaling 36 students. To collect the data, the researcher employed observation, an interview, and document analysis. The researcher used Miles and Huberman’s stage in analyzing the data, namely data collection, data reduction, data display, and conclusion: drawing or verifying. The results of the research show that there are two types of media used in teaching English in the classroom, namely conventional media such as whiteboards, English books, and modern media such as laptops (PowerPoint), and LCD Projectors, and Smartphones (Google Chrome). The dominant learning media used by English Teachers is modern media. Students have positive opinions on the media used in the learning process. Students argue that the use of media in the English learning process is very helpful and facilitates the learning process, makes students more confident, makes students feel happy, and interested in learning, and can motivate students to study hard. Keywords: Media, English Learning