Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IX Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IX Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat

Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IX Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat

Pengarang : Nurul Atikah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas IX dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IX. Metode pengumpulan data menggunakan tes kemampuan komunikasi matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kategori tinggi memiliki persentase 14,44% dengan jumlah siswa 13 orang, siswa kategori sedang memperoleh persentase 34,44% dengan jumlah siswa 31 orang dan siswa kategori rendah memperoleh persentase 51,11% dengan jumlah siswa 46 orang.

Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa, Persamaan Kuadrat

This research aims to describe the mathematical literacy abilities of class IX students in solving quadratic equation problems. The type of research used in this research is descriptive research with a quantitative approach. This research was conducted on class IX students. The data collection method uses a test of students' mathematical literacy abilities. The population in this study were all class IX students. The sample in this research was 90 students taken using cluster random sampling techniques. The results of this research show that high-category students have a percentage of 30%, medium-category students have a percentage of 58.89% and low-category students have a percentage of 11.11%. Keywords: Students' Mathematical Literacy Ability, Quadratic Equations

Detail Informasi