
Upaya Guru BK Dalam Mengatasi Kedisiplinan Siswa SMA N 2 Tarakan Kelas XII Bahasa
Pengarang : Ilham Maulana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru BK dalam mengatasi kedisiplinan di SMA N 2 Tarakan kelas XII Bahasa. Kedisiplinan merupakan suatu sikap, tingkahlaku dan perbuatan siswa yang secara sadar melakukan aktifitas di sekolah sesuai dengan aturan yang berlaku. Upaya guru BK dalam mengatasi kedisiplinan, adapaun upaya preventif yang dilakukan terkait dengan tindakan pengendalian untuk mencegah ketidakdisiplinan, dan upaya kuratif terkait tindakan yang dilakukan guru BK setelah pelanggaran kedisiplinan terjadi, serta tindakan berupa pemberian sanksi kepada siswa yang melanggar kedisiplinan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Wawancara dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan datanya, subjek primer yang datanya akan diambil adalah guru BK yang dipilih berdasarkan subjek yang mewakili, sedangkan untuk subjek sekundernya diambil secara non-random yaitu wali kelas yang banyak terlibat dalam proses kegiatan yang guru BK lakukan dan siswa kelas XII yang pernah mendapatkan layanan BK terkait masalah kedisiplinan. Berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi yang dilakukan, diketahui bahwa guru BK telah berperan dengan melakukan pemberian layanan bimbingan klasikal konseling kelompok dan konseling individu kepada siswa yang melanggar kedisiplinan. setelah pemberian layanan guru BK melakukan pendampingan kepada siswa dengan kurun waktu yang tidak terbatas dalam bentuk pemantauan dan pengawasan.
Kata Kunci: Kedisiplinan, Upaya Guru BK, Preventif Dan Kuratif
This study aimed to determine the efforts of counseling teacher in overcoming discipline at SMA N 2 Tarakan class XII Language. Discipline is an attitude, behavior and actions of students who consciously carry out activities at school in accordance with applicable rules. Counseling teacher's efforts in overcoming discipline can be in the form of preventive efforts carried out related to control measures to prevent indiscipline and curative efforts related to actions taken after disciplinary violations occur, as well as actions in the form of sanctions against students who violate discipline. This research utilized a descriptive qualitative approach. Interviews and documentation were used as data collection techniques, the primary subject whose data was taken was the counseling teacher who was selected based on a representative subject, while for the secondary subject, it was taken non-randomly, namely the homeroom teacher who was heavily involved in the process of activities that the counseling teacher did and class XII students who had received counseling services related to discipline problems. Based on the results of interviews and documentation, it is revealed that the counseling teacher has played a role by providing classical guidance services, group counseling and individual counseling to students who violate discipline. After providing services, the counseling teacher provides assistance to students for an unlimited period of time in the form of monitoring and supervision. Keywords: Discipline, Counseling Teacher Efforts, Preventive and Curative