The Difficulties In Borneo English Test (Bet) Reading Comprehension Faced By Test Takers Of English Education Department At Borneo Tarakan University | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Difficulties In Borneo English Test (Bet) Reading Comprehension Faced By Test Takers Of English Education Department At Borneo Tarakan University

The Difficulties In Borneo English Test (Bet) Reading Comprehension Faced By Test Takers Of English Education Department At Borneo Tarakan University

Pengarang : Ebby Cyahfira - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan dalam keterampilan membaca pemahaman pada Borneo English Test (BET) yang dihadapi oleh peserta tes jurusan pendidikan bahasa Inggris di Universitas Borneo Tarakan dan faktor-faktor penyebabnya. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Borneo Tarakan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang telah telah mengikuti tes BET. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua instrumen yaitu dokumentasi dan wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi berupa skor membaca BET dan wawancara dengan siswa menggunakan wawancara semi terstruktur secara mendalam. Hasil Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 13 keterampilan dalam membaca BET dan hampir semua keterampilan tersebut merupakan keterampilan yang sulit dalam membaca pemahaman pada Borneo English Test (BET). English Test (BET). Berdasarkan data yang dianalisis, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat lima keterampilan membaca yang dianggap paling sulit oleh siswa yaitu Menjawab Pertanyaan Detail Tersurat dengan Benar, Menjawab Pertanyaan Pertanyaan Detail Tersirat dengan Benar, Menjawab Pertanyaan Transisi dengan Benar, Menentukan Makna Bagian Kata, dan Menggunakan Konteks untuk Menentukan Makna Kata-kata Sulit. Peneliti juga menemukan faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam membaca, faktor-faktor tersebut dibagi menjadi faktor internal faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah Kurangnya Pemahaman dalam Membaca Kemampuan Pemahaman, Kosakata yang Tidak Memadai, Kurangnya Proses Membaca Pemahaman Proses, Kurangnya Motivasi dan persiapan yang buruk. Faktor eksternal meliputi manajemen waktu yang buruk, tampilan teks paragraf yang kecil di layar komputer, kurangnya fokus selama tes, dan kemampuan membaca cepat dan memindai yang tidak memadai.

Kata kunci: Pemahaman Membaca BET, Kesulitan Belajar, Faktor Penyebab Kesulitan.

This research aimed to determine the difficulties in reading comprehension skills on the Borneo English Test (BET) faced by test takers of English education department at the Borneo Tarakan University and the factors that caused the difficulties. The subjects of this research were students English Education Department who had taken the BET test. A descriptive qualitative method was employed, utilizing documentation and interviews for data collection. Documentation comprised BET reading scores, while in-depth semi-structured interviews were conducted with students to gather qualitative insigths. The findings revealed that there were 13 reading skills assessed in the BET, and almost all of these skills posed significant difficulties in reading comprehension for the students. Speacially, five skills were considered the most difficulty by students. namely: Answering Expressed Detail Questions Correctly, Answering Implicit Detail Questions Correctly, Answering Transition Questions Correctly, Determining the Meaning of Word Parts, and Using Context to Determine Meaning of Difficult Words. Futhermore, the reseacher highlighted both internal and external factors contributing to students reading difficulties. Internal factors included a lack of understanding of reading comprehension abilites, insufficient vocabulary, inadequate reading comprehension processes, lack of motivation, and poor preparation. External factors involved poor time management, the small display of paragraph text on a computer screen, lack of focus during tests, and inadequate skimming and scanning skills. Keywords: BET Reading Comprehension, Studnets Difficulties, Factor Caused Difficulties.

Detail Informasi