Desain Pembelajaran Matematika Online Berbasis Google Classroom Siswa Kelas X Man Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Desain Pembelajaran Matematika Online Berbasis Google Classroom Siswa Kelas X Man Tarakan

Desain Pembelajaran Matematika Online Berbasis Google Classroom Siswa Kelas X Man Tarakan

Pengarang : Achmad Sabilal Amruh - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pada zaman pembelajaran saat ini ada berbagai macam cara dan upaya berlangsungnya pembelajaran, salah satunya yaitu menggunakan media Google Classroom. Penelitian ini bertujuan mengembangkan upaya dalam memudahkan mendesain pembelajaran matematika online berbasis Google Classroom yang layak untuk siswa kelas X MAN Tarakan. Jenis penelitian ini, menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) menurut Borg & Gall yang dimana penilitian ini dilaksanakan pada sekolah MAN Tarakan. Pembelajaran matematika dilakukan menggunakan media pembelajaran Google Classroom oleh 15 (lima belas) siswa kelas X yang berbeda. Penelitian ini menunjukkan hasil tahap validasi media yang memperoleh rata-rata skor sebesar 3,52 dengan kategori Sangat Baik dan persentase kelayakan yang diperoleh sebesar 90,62% yang berada pada kategori Sangat Layak. Pada tahap validasi materi diperoleh rata-rata skor 3,2
dengan kategori Baik dan nilai persentase sebesar 80% yang berada pada kategori Sangat Layak. Dan pada tahap uji coba lapangan yang telah dilakukan yang menunjukkan rata-rata skor yang diperoleh sebesar 3,45 dengan kategori Baik
dengan nilai persentase sebesar 86,27% yang berada pada kategori Sangat Layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa desain aplikasi google classroom layak sebagai media pembelajaran matematika siswa kelas X MAN Tarakan.

Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Desain Pembelajaran, Google Classroom

In current learning era, there were various ways and efforts to carry out learning, one of which is using Google Classroom media This research aimed to develop efforts to make it easier to design the appropriate Google Classroom-based onlin nathematics learning for class X students at MAN Tarakan This type of researe used research and development according to Borg & Gall, where this research wa carned out at school of MAN Tarakan. Mathematics learning was carned ou using Google Classroom learning media by 15 (fifteen) different class X student The result of this research showed the media validation stage which obtained a average score of 3.52 in Very Good category and the feasibility percentage obtained was 90.62% which was in Very Eligible category. At the material validation stage, an average score of 3.2 was obtained in Good category and a percentage value of 80% was in Very Appropriate category. At the field trial stage that was carned out, it showed that the average score obtained was 3.45 in th Good category with a percentage value of 86.27% which was in Approprat category. Therefore, it can be concluded that Google Classroom applicatio design was appropriate as a mathematics learning media for class X students a MAN Tarakan. Keywords: Mathematics Learning, Learning Design, Google Classroom

Detail Informasi