
Peranan Orang Tua Sebagai Nelayan Rumput Laut Terhadap Prestasi Belajar Matematika
Pengarang : Jesika - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peranan orang tua sebagai nelayan rumput laut terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 6 orang yang terdiri dari 2 siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan, 2 orang tua siswa, 1 kakak dari siswa , dan 1 orang guru. Adapun teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kemudian menarik kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber, triangulasi metode dan member-chek.. Adapun temuan dalam penelitian ini yaitu orang tua telah menerapkan peranannya dirumah dengan memberikan perhatian pada pendidikan anak, mengontrol belajar dirumah dengan membuat jadwal belajar, serta memberikan fasilitas yang memadai sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar anak. selain itu terdapat temuan unik dalam penelitian ini yaitu peran orang tua dalam mendampingi belajar anak digantikan oleh kakak dari subjek A. Selanjutnya subjek M memiliki inisiatif belajar mandiri dirumah setiap malam, tanpa adanya perintah dari orang tua.
Kata Kunci: Peranan Orang Tua, Prestasi Belajar Matematika
The research aims to describe the role of parents as seaweed fishermen in mathematics learning achievement. This research was carried out in the even semester of the 2022/2023 academic year. The type of research used is qualitative research with a case study approach. The participants in this research were 6 people consisting of 2 students in class VIIl of SMPN 10 Tarakan, 2 parents of students, I older sibling of the student, and I teacher. The data collection techniques consist of interviews, observation, documentation, and triangulation. Data analysis techniques are carried out by collecting data, reducing data, presenting data, and then drawing conclusions. The data validity techniques used in this research are source triangulation, method triangulation, and member-check. The findings in this research are that parents have implemented their role at home by paying attention to children's education, controlling learning at home by making study schedules, and providing adequate facilities so that they can improve children's learning achievements. Furthermore, there is a unique finding in this research, that the role of parents in accompanying children's learning is replaced by subject A's older sibling. Moreover, subject M has the initiative to study independently at home every night, without any command from parents. Keywords: Role of Parents, Learning Achievement