Pengembangan Media Lapbook Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas 1 Di SDN 005 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Lapbook Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas 1 Di SDN 005 Tarakan

Pengembangan Media Lapbook Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas 1 Di SDN 005 Tarakan

Pengarang : Siti Faidatun Masruroh - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Media pembelajaran penting digunakan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Kurangnya penggunaan media pembelajaran berdampak pada siswa kurang memahami materi pada saat pembelajaran serta kurang aktif pada saat di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan media Lapbook pada pelajaran bahasa indonesia di kelas 1 dengan kriteria kelayakan serta mengetahui bagaimana respon siswa terhadap media Lapbook. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Metode pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan penelitian yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Hasil penilaian penelitian ini diperoleh dari uji kelayakan dan respon siswa. Hasil validasi dari uji kelayakan media Lapbook diperoleh dari ahli media 88%, ahli materi 100%, ahli bahas 76%, dan ahli praktisi 72%. Hasil yang diperoleh dari angket angket respon siswa uji coba terbatas sebesar 83,33% dan angket respon siswa uji coba lapangan sebesar 91,43%. Berdasarkan hasil validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa, ahli praktisi, angket respon siswa pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan maka pengembangan media Lapbook pada pelajaran bahasa indonesia di kelas 1 dinyatakan layak dan menarik untuk digunakan pada saat pembelajaran.

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Media Lapbook

Educative media is indispensable for the dissemination of instructional conten. The absence of education media usage decreases classroom and impacts students’ comprehension of the material during lessons. This research aimed to ascertain the feasibility of Lapbook media in first-grade Indonesian language courses by employing feasibility criteria and to ascertain the students’ reactions to the Lapbook media. This research falls under the category of Research and Development (R&D). The development method adheres to the ADDIE development model, which comprises five stages: Analisys, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The feasibility evaluations and student responses were the sources of the research findings. The Lapbook media feasibility test yealded the following validation results media expert 88%, content expert 100%, language expert 76%, and practitioner expert 72%. In the limited trial, the results of the student response questionnaires indicated an 83,33% response rate, while in the field trial, the response rate was 91,43%. The validation results from media expert,content expert, language expert, practitioners, and student response questionnaires in both limited and fields trials,developing Lapbook media for Indonesian language lessons in first grade is deemed feasible and appealing for use during instruction Keywords: Lapbook Media. Research and Development

Detail Informasi