Identifikasi Strategi Mengajar Guru Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII Di SMP Negeri 9 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Identifikasi Strategi Mengajar Guru Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII Di SMP Negeri 9 Tarakan

Identifikasi Strategi Mengajar Guru Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VII Di SMP Negeri 9 Tarakan

Pengarang : Heni Sulistyowati Rompa - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Strategi dapat dimaknai sebagai suatu acuan atau rencana sebelum melakukan sesuatu. Strategi banyak digunakan dalam berbagai macam hal tidak hanya dalam pembelajaran saja namun strategi juga dapat digunakan saat kegiatan atau aktivitas yang membutuhkan tenaga dan pikiran, dengan demikian kata strategi berkaitan dengan cara-cara penyampaian pesan dalam hal ini materi pelajaran kepada siswa untuk mencapai sasaran tujuan pendidikan yang tepat. Strategi pembelajaran ialah rencana-rencana yang ditentukan guru sebelum melaksanakan pembelajaran agar semua proses pembelajaran bersama siswa dapat berjalan dengan efektif dan strategi yang telah ditentukan dapat digunakan agar proses pembelajaran tepat sasaran. Strategi yang terencana memegang peranan penting dalam proses pembelajaran, pentingnya strategi guru dalam kegiatan pembelajaran yakni guru dapat mengatur kelas supaya tetap kondusif dan aktif, guru dapat lebih mudah mengajar sehingga siswa lebih mudah untuk paham materi yang diajar. Strategi dengan cara lama atau kurang kreatif dan monoton dapat menyebabkan siswa kurang aktif dalam belajar sehingga pada saat observasi terlihat ada beberapa siswa yang kurang aktif dan kurang memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui strategi apa saja yang dipakai guru IPA di SMP Negeri 9 Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan instrumen lembar wawancara, observasi dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yaitu teknik pengambilan data dengan pertimbangan tertentu. Pertimbangan tertentu yang diambil dalam penelitian ini yaitu 2 orang guru IPA. Data dianalisis secara kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data berupa reduksi data, penyajian data , dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan strategi yang digunakan guru IPA kelas VII SMP Negeri 9 Tarakan adalah strategi ekspositori, heuristik, kontekstual, dan kooperatif.


Kata Kunci : Strategi, Mengajar, Guru IPA

Strategy can be interpreted as a reference pr plan before doing an activity. Strategy is widely used in various things, not only in learning but also during activites requiring energy and thought. Thus, the word strategy relates to ways of conveying messages, in this case, subject matter, to students to achieve the right educational goals. Learning strategies are plans determined by the teachers before learning to create effective learing procesess. The strategies are used to make the learning process on target. The planned strategies play a crucial role in the learning process ; the importance of teacher strategies in learning activities to remain the class conducive and active, and teachers can teach more understandable. The conventional, less creative, and monotonous strategies can cause students unmotivated. During the observations, it can be seen that several students needed to be more active and help understanding the material. This research aimed to identify and find out what strategies are used by science teachers at SMP Negeri 9 Tarakan. This qualitative descriptive study involved interview sheets, observation, and documentation as instruments. Two participants were selected trough purposive sampling with certain considerations. The data was analyzed qualitatively, consisting. Based on the results, the strategies class VII science teachers implemented at SMP Negeri 9 Tarakan were expository, heuristic, contextual, and cooperative strategies. Keywords: Strategy, Teaching, Science Teacher

Detail Informasi