Studi Deskriptif Bimbingan Kelompok Di SMP Negeri 10 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Studi Deskriptif Bimbingan Kelompok Di SMP  Negeri 10 Tarakan

Studi Deskriptif Bimbingan Kelompok Di SMP Negeri 10 Tarakan

Pengarang : Muhamad Akbar - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Layanan bimbingan kelompok merupakan satu kegiatan layanan yang efektif dan paling banyak dilaksanakan disekolah. Bimbingan kelompok dapat diartikan sebagai bantuan terhadap individu yang dilaksanakan dalam situasi kelompok. Bimbingan kelompok dapat berupa penyampaian informasi ataupun aktivitas kelompok membahas masalah-masalah pendidikan baik dalam pribadi, sosial, belajar dan karir peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses layanan bimbingan kelompok yang di lakukan oleh guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 10 Kota Tarakan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun informan utama dalam penelitian ini adalah satu orang guru bimbingan dan konseling, dan dua orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah dalam program pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di SMP Negeri 10 Tarakan yang dimulai dari Tahap persiapan atau pendahuluan dimana meliputi pernyataan tujuan, penjelasan langkah-langkah, mengarahkan kegiatan, dan tahap peralihan (transisi). Tahap Inti meliputi kegiatan siswa dan kegiatan guru bimbingan dan konseling. Tahap ketiga adalah penutup. Tahap keempat Evaluasi meliputi evaluasi proses dan evaluasi hasil.

Kata Kunci: Studi Deskritif, Layanan Bimbingan Kelompok

Group guidance services are one of the most effective and most widely implemented service activities in schools. Group can be interpreted as assistance to information delivery of group activities discussing educational problems both in the personal, social, learning, and career of students. This study aimed to determine how the process of group guidance services was carried out by guidance and counseling teachers at SMP Negeri 10 Tarakan City. In this study, the researcher used descriptive qualitative research. The main informants in this study were one guindance and counseling teacher and two students. Data collection techniques in this study used data reduction techniques, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicated that the implementation program of group guidance services at SMP Negeri 10 Tarakan started from the preparatory or introductory stage which included a statement of purpose, explanation of steps, directing activities, and a transitional stage. The core stage consisted of student activities and guidance and counseling teacher activities. The third stage was the closing. The fourth stage of evaluation involved process evaluation and outcome evaluation. keywords: Descriptive Study, Group Guidance Services

Detail Informasi