Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Membaca Permulaan Pendamping Buku Ajar Siswa Kelas 1 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Membaca Permulaan Pendamping Buku Ajar Siswa Kelas 1

Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Untuk Membaca Permulaan Pendamping Buku Ajar Siswa Kelas 1

Pengarang : Nur Nisfu Laila Sari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan media pembelajaran big book yang ditinjau dari validasi ahli media, ahli materi,ahli bahasa dan ahli praktisi. Serta kemenarikan ditinjau dari hasil respon siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan penelitian yaitu : 1) Analysis (Analisis); 2)Design (Perancangan); 3) Development (Pengembangan); 4) Implementation (implementasi); 5) Evaluation (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu : Lembar validasi, dan angket respon siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas I SDN 001 Sembakung. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 78% dengan kategori layak,. Hasil validasi ahli bahasa sebesar 68%, hasil validasi materi sebesar 76% dengan kategori layak Dan hasil validasi praktisi sebesar 76% dengan kategori layak, Selanjutnya hasil respon siswa melalui uji coba terbaras sebesar 91% dengan kategori sangat menarik ditinjau dari penggunaan media pembelajaran big book yang membuat siswa merasa senang sehingga siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri dan hasil respon siswa melaui uji coba pemakaian sebesar 76% dengan kategori menarik, ditinjau dari penggunaan media pembelajaran big book yang membuat siswa tertarik untuk belajar dan memahami materi pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa, ahli praktisi, serta respon siswa pada uji coba terbatas dan uji coba pemakaian, maka media pembelajaran big book dinyatakan layak dan menarik digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Big Book

The purpose of this research was to create bgi book material that was appropriate and enganging for beginning readers. After reviewing the feasibility with validation from media, material, languange, and practitioner specialists, stydent response survey were used to assess the attractiveness of the plan. The ADDIE development model, which comprises of five reseach stages; 1) Analysis; 2) Design; 3) Development; 4) implementation; and 5) Evaluation was the research methodology employed in this study. Student answer questionnaires and validation sheets were the tools utilized to collect the data. This research was conducted in class 1 of SDN 001 sembakung. The validation results obtained from media experts were 78% in the appropriate category, the validation results frpm languange experts were 68% the material validation results were 76% in the appropriate category and the practitioner validation results were 76% in the appropriate category. Furthermore, the results of student responses through open trials were 91% in the very interesting category in terms of the use of big book learning media which made students felt happy so that students could build their own knowledge and the results of student responses through trial use were 76% in the interesting category, in terms of the use of big book learning material. The big book learning media was deemed appropriate and enganging to be used in the learning process based on the validation results of media experts, material experts, languange experts, practitioner ecperts, as well as student reactions in restricted trial and usage trials. Keywords: Development, Big Book, ADDIE Model

Detail Informasi