Studi Identifikasi Persebaran Parkir Menggunakan Sistem Informasi Geografis Dan Karakteristik Parkir Pada Kawasan THM Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Studi Identifikasi Persebaran Parkir Menggunakan Sistem Informasi Geografis Dan Karakteristik Parkir Pada Kawasan THM Kota Tarakan

Studi Identifikasi Persebaran Parkir Menggunakan Sistem Informasi Geografis Dan Karakteristik Parkir Pada Kawasan THM Kota Tarakan

Pengarang : Selwi Resky Amaliah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Parkir merupakan masalah yang sering dijumpai dalam sistem transportasi perkotaan seperti Kota Tarakan dan sangat mempengaruhi pergerakan kendaraan, maka perlu diatur sedemikian agar lalu lintas dapat berjalan dengan lancar sehingga tidak menimbulkan bahaya dan kemacetan. Sebaran parkir pada Kota Tarakan akan lebih efektif jika penyajian informasinya dilakukan secara grafis, salah satu teknologi komputer untuk pengolahan secara grafis yaitu dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG). Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi lokasi sebaran parkir di Kota Tarakan yang terintegritasi sesuai dengan Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir dan penyajian informasi penyebarannya menggunakan sistem informasi geografis, dalam penelitian menganalisis karakteristik parkir pada salah satu pusat perbelanjaan Kota Tarakan yaitu THM. Metode yang diterapkan adalah dengan melakukan survei langsung untuk mendapatkan data koordinat lokasi parkir, daerah larangan parkir, jumlah SRP, jumlah kendaraan, waktu parkir dan tipe kendaraan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa permasalahan yang timbul adalah dari 232 parkir yang diidentifikasi terdapat 112 parkir di badan jalan yang tidak diperbolehkan dan hasil identifikasi tersebut diolah secara digital menggunakan perangkat lunak ArcMap 10.8 sehingga menghasilkan 3 peta sebaran parkir, dan berdasarkan hasil analisis karakteristik parkir menunjukkan bahwa dari 8 lokasi yang diteliti pada area THM Kota Tarakan terdapat 2 lokasi yang tidak dapat menampung aktivitas parkir karena terbatasnya ruang parkir yang tersedia sehingga menyebabkan terjadinya aktivitas ganda dan parkir di badan jalan.

Kata Kunci: Karakteristik Parkir, Larangan Parkir, Sebaran Parkir.

One of the most significant challenges in urban transportation system is the issue of parking. Therefore, it is crucial to implement effective parking management strategies to ensure the smooth flow of traffic and minimize the risk of accidents and congestion. The distribution of parking in Tarakan City would be more effective if the presentation of information were to be done graphically. One of the computer technologies fo graphical processing is the use of Geographic Information System (GIS). The objective of this study is to identify the location of parking distribution in Tarakan City that is integrated under the Guidelines for Planning and Operating Parking Facilities. The study analyzed the characteriristics of parking in one of Tarakan City’s shopping centers, namely THM. The methodology employed involved the direct survey of respondents to obtain data on the coordinates of the parking location, parking restriction are, number of SRPs, number of vehicles, parking time, and vehicle type. The results of the analysis indicate that the issues identified pertain to 232 parking spots of these 112 are on the street, which is not permitted. The results of the identification were digitally processed using ArcMap 10.8 software to produce three parking distribution maps. The analysis of parking characteristics revealed that of the eight locations studied in the THM area of Tarakan City, two are unable to accommodate parking activities due to the limited parking spaces available. This has resulted in multiple activities and parking on the stree. Keywords: Parking Characteristics, Parking Restrictions, Parking Distribution.

Detail Informasi