
The Correlation Between Students’ Learning Motivation And English Achievement Of Eighth Grade Students At SMPN 5 Tarakan
Pengarang : Ajeng Khusnuldian - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya korelasi antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas delapan di SMPN 5 Tarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. 72 siswa dari kelas delapan di SMPN 5 Tarakan diambil sebagai sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner dari motivasi belajar dan dikumen analisis nilai Ujian Tengah Semester bahasa Inggris. Untuk menemukan hubungan anatara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa, peneliti menggunakan Pearson Product Moment korelasi untuk menganalisa data. Hasil dari kuisioner motivasi belajar menemukan bahwa motivasi belajar siswa dari kelas delapan di SMPN 5 Tarakan berada pada klasifikasi rendah. Itu dapat dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil angket motivasi belajar siswa (50.46) dengan presentase (43%). Hasil dari nilai bahasa Inggris siswa menemukan bahwa nilai bahasa Inggris siswa kelas delapan di SMPN 5 Tarakan berada pada kategori rendah. Itu dapat dilihat dari nilai rata-rata (50.06) dari hasil nilai ujian tengah semester bahasa Inggris siswa dengan presentase (72.22%). Analisis penelitian ini dengan menggunakan Pearson Product Moment korelasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dan hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas delapan di SMPN 5 Tarakan. Tingkat korelasi koefisien pada penelitian ini berada pada kategori tinggi dengan nilai korelasi (0.717).
Kata kunci: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.
This study aims to determine the correlation between learning motivation and English achievement of eighth-grade students at SMPN 5 Tarakan. A quantitative approach with a correlation method was employed. Seventy-two students from eighth grade were sampled using stratified random sampling. Data were collected using a learning motivation questionnaire and English midterm exam scores. Pearson Product Moment correlation was used for data analysis. The results showed that the students’ learning motivation was classified as low, with an average motivation score of 50.46 (43%). The English achievement was also categorized as low, with an average score of 50.06 (72.22%). The correlation analysis indicated a significant relationship between learning motivation and English achievement, with a high correlation coefficient of 0.717. Keywords: Learning Motivation, Academic Achievement