Pengaruh Teknik Role Play Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas V SDN 017 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Teknik Role Play Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas V SDN 017 Tarakan

Pengaruh Teknik Role Play Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas V SDN 017 Tarakan

Pengarang : Stevie Octavia Policarpus - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kepercayaan diri merupakan keyakinan diri akan kemampuan sendiri menghadapi tantangan ketika menghadapi masalah. Kepercayaan diri siswa di SD Negeri 017 Tarakan berdasarkan pengamatan masih rendah, karena siswa masih malu bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru, tidak berani dan gugup maju kedepan kelas, serta masih menyontek jawaban teman. Tujuan penelitian dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa yang masih rendah ini dengan menerapkan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik role play. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan pendekatan pre-eksperimental, dan desain one group pretest-posttest design. Jenis pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, dengan populasi penelitian sebanyak 50 siswa dan sampel berjumlah 8 siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa skala likert tentang kepercayaan diri siswa. Analisis data dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial, menggunakan uji paired sampel t-test, dengan nilai sig (2-tailed) untuk uji dua arah sebesar 0.000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa terdapat pengaruh teknik role play terhadap kepercayaan diri siswa kelas V SD Negeri 017 Tarakan.

Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Teknik Role Play

Self-confidence refers to an individual's belief in their own ability to tackle challenges and solve problems. Observations indicated that students at SD Negeri 017 Tarakan exhibited low self-confidence. This was evidenced by their reluctance to ask and answer questions, lack of courage and nervousness when standing in the front of the class, and tendency to copy their friends' answers. This research aimed to enhance students' self-confidence through the implementation of group guidance services using the role-play technique. This research employed a quantitative approach, specifically a pre-experimental method with a one-group pretest-posttest design. Random sampling was used to select a research sample from a population of 50 students, resulting in a sample size of 8 students. Data collection was conducted using a Likert scale instrument to measure student self-confidence. Data analysis involved both descriptive and inferential statistics, utilizing a paired sample t-test. The results revealed a significant effect of the role-play technique on the self-confidence of fifth-grade students at SD Negeri 017 Tarakan, with a sig (2- tailed) value for the two-tailed test of 0.000 < 0.05, leading to the rejection of the null hypothesis (Ho) and acceptance of the alternative hypothesis (Ha). This finding confirmed that there was an influence of the role-play technique on the self- confidence of fifth-grade students at SD Negeri 017 Tarakan. Keywords: Self-confidence, Role-Play Technique

Detail Informasi