Faktor Penyebab Prestasi Rendah Siswa Di SMP Negeri 3 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Faktor Penyebab Prestasi Rendah Siswa Di SMP Negeri 3 Tarakan

Faktor Penyebab Prestasi Rendah Siswa Di SMP Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Fahrul Rasit - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Prestasi Rendah dalam psikologi pendidikan sering diartikan dengan siswa yang memiliki intelektual tinggi tetapi rendah dalam hasil prestasi akademiknya. Sering kali terjadi persepsi yang salah dimana siswa yang memiliki prestasi rendah di cap sebagai siswa yang bodoh. Persepsi yang salah seperti ini malah justru membuat siswa prestasi rendah semakin tidak tertangani dengan maksimal. Untuk itu perlu pemahaman yang utuh untuk menangani dan mencegahnya. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor-faktor penyebab Prestasi Rendah siswa di SMP Negeri 3 Tarakan. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan penelitian dilapangan peneliti mendapatkan temuan bahwa faktor penyebab siswa prestasi rendah di SMP Negeri 3 Tarakan sebagai berikut: 1. Kepribadian individu, kedua subjek memiliki karakteristik yang sama dalam pembelajaran yaitu kurang percaya diri ketika berada di dalam kelas dan memiliki anxiety dan self esteem yang rendah. 2. Pembebanan, kedua subjek cenderung memiliki pembebanan kedua subjek jenuh dan salah satu subjek tidak peduli dengan pelajaran sehingga melakukan aktivitas menggambar yang tidak jelas serta merasa pembelajaran tidak menyenangkan. 3. Keluarga, orang tua subjek tidak peduli terhadap arti sebuah prestasi dan orang tua tidak memberi perhatian terhadap potensi yang dimiliki oleh kedua subjek, orang tua hanya mementingkan pembelajaran di sekolah anaknya tanpa memperhatikan potensi lain anaknya.

Kata Kunci: Faktor Penyebab Prestasi Rendah Siswa

Low achievement in educational psychology is often defined as students who possess high intellectual abilities but exhibit low academic performance. This misperception often leads to students being unfairly labeled as "stupid," which further hampers their academic support and development. A comprehensive understanding of the underlying causes is essential for effective handling and prevention. This study aimed to identify the factors contributing to the low achievement of students at SMP Negeri 3 Tarakan. Employing a descriptive qualitative approach, data were collected through unstructured interviews and documentation. Two students were selected as subjects using purposive sampling The research identified several factors influencing students low achievement at SMP Negen 3 Tarakan. First, individual personality both subjects demonstrated similar learning characteristics, including a lack of confidence in class, high anxiety, and low self-esteem. Second, burden: the subjects tended to have a learning burden. They experienced boredom and disengagement during lessons. One subject expressed indifference towards lessons, engaging in unrelated doodling activities and perceiving learning as unenjoyable. Last, family the parents of the subjects did not recognize the importance of academic achievement and failed to nurture their children's potential. They focused solely on school learning, neglecting other aspects of their children's potential Keywords: Factors Contributing To Students' Low Achievement

Detail Informasi