Persepsi Masyarakat Terhadap Konsumsi Air Perusahaan Daerah Air Minum Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Persepsi Masyarakat Terhadap Konsumsi Air  Perusahaan Daerah Air Minum Kota Tarakan

Persepsi Masyarakat Terhadap Konsumsi Air Perusahaan Daerah Air Minum Kota Tarakan

Pengarang : Michael Perez - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk(1) Untuk mengetahui persepsi Masyarakat terhadap pelayanan kualitas air PDAM Kota Tarakan. (2) Untuk mengetahui berapa perbedaan persepsi konsumen terhadap kondisi air bersih dan kotor. Metode penelitian menggunakan data kuantitatif dengan pendekatan persepsi masyarakat. Kemudian dalam penelitian ini menggunakan 4 teori pendukung yaitu: teori ekonomi publik, teori kepuasan konsumen, teori persepi dan teori permintaan. Informan dalam penelitian ini berjumlah tiga puluh orang, penelitian ini berlangsung selama 5 bulan berlokasi di Kota Tarakan. Teknik pengumpulan data melalui kusioner yang dibagikan. Hasil penelitian ini menunjukkan kepuasan konsumen terhadap konsumsi air PDAM Kota Tarakan yang diukur menggunakan perhitungan distribusi frekuensi dan uji beda yang menyatakan sangat puas. Hasil perbedaan persepsi air bersih dan tidak bersih menunjukkan nilai signifikan yang lebih kecil dari 0,05, sehingga pada penelitian ini diharapkan Perusahaan daerah air minum (PDAM) diarahkan dapat menyediakan kualitas air bersih secara maksimal, pemerintah setempat dan perusahaan terkait dapat membantu mengatasi permasalahan penyedian air bersih PDAM.

The aims of this research are : (1) to determine the community perception of water quality services of regional drinking water company (PDAM) Tarakan City. (2) To find out the difference in consumers perceptions of clean and unclean and water conditions. The research method uses quantitative data with a community perception approach. Then, this research uses 4 supporting theories, they are public economic theory, consumer satisfaction theory, perception theory, and demand theory. The number of informants in this research wa 30 respondents, this research lasted for 5 months located in Tarakan City. Data collection techniques through distributed questionnaires. The results of this research show consumer satisfaction with PDAM Tarakan City water consumption which stated that they were very satisfied. The results of the difference in perceptions of clean and unclean water show a significant value that is smaller than 0.05, so in this research, it is hoped that regional drinking water companies (PDAM) will be directed to provide maximum quality clean water, local governments, and related companies can help overcome PDAM clean water supply problems.

Detail Informasi