
Textbook Evaluation Checklist On English Textbook For Ninth Grade Junior High School Student
Pengarang : Putri Febriani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kriteria yang diterapkan pada buku bahasa inggris yang berjudul “Think Globally Act Locally” yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan, serta untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pada buku. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah parameter dari Mickley (2005) dan kuesioner yang dibagikan kepada 6 guru penilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku tersebut memiliki 5 kriteria yaitu isi, kosa kata dan tata bahasa, latihan dan aktivitas, serta daya tarik teks dan riasan fisik. Pada hasil ini menunjukan bahwa isi pada buku ini memiliki nilai rata-rata 3 yaitu baik, adapun nilai pada kosa kata dan tata bahsa memiliki nilai rata-rata 3 yaitu baik, latihan dan aktifitas memiliki nilai rata-rata 3 yaitu baik, dan yang terakhir daya tarik teks dan riasan fisik mendapatkan nilai rata-rata 3 yaitu baik. Adapun hasil dari kekuatan buku yaitu kosakata buku ini disorot dalam huruf-huruf yang kuat untuk membantu anak-anak mengingat kata-kata yang baru saja mereka dengarkan, sedangkan buku ini memiliki kelemahan yaitu siswa yang terlalu banyak membaca berisiko menjadi bosan. Kesimpulannya, buku ini termasuk buku yang layak digunakan untuk proses mengajar pada siswa kelas sembilan.
Kata Kunci: Evaluasi Buku. Buku Bahasa Inggris, Daftar Periksa
This study aims to determine the criteria applied to the English textbook entitled "Think Globally Act Locally", published by the Ministry of Education and Culture, and to determine the book's strengths and weaknesses. This research is a literature review that uses quantitative methods. At the same time, the instruments used in this study are the parameters of Mickley (2005) and questionnaires distributed to 6 assessment teachers. The results showed that the book had five criteria: content, vocabulary and grammar, exercises and activities, text appeal, and good physical makeup. The results showed that the content in this book has a category value of 3, which is good. In contrast, the value of vocabulary and grammar has a good category, exercises and activities have a good category, and finally, the attractiveness of text and physical makeup gets a good category. As for the results of the book's strengths, the vocabulary of this book was highlighted in solid letters to help children remember the words they have just listened to, while this book has a weakness, which is that students who read too much risk becoming bored. In conclusion, this book is an appropriate book to be used for the teaching process of grade nine students. Keyword: Book Evaluation, English Textbook, Checklist