
Teaching Method Used By English Teacher In Teaching Speaking Skill And The Impact At Ma Raudhatul Qur’an Tarakan
Pengarang : Alif Ba Pratama - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Metode pengajaran adalah suatu metode penyampaian informasi pembelajaran atau melaksanakan tugas-tugas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) Untuk mengetahui metode pengajaran yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris dalam mengajarkan keterampilan Berbicara (2) Untuk mendeskripsikan dampak metode pengajaran yang digunakan terhadap keterampilan berbicara siswa di MA Raudhatul Qur’an Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Inggris di MA Raudhatul Qur’an Tarakan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen wawancra, observasi dan dokumentasi serta dianalisis secara kualitatif dan dideskripsikan secara naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik seperti diskusi kelompok, bermain peran, dan presentasi memberikan siswa kesempatan berharga untuk berlatih berbicara dalam lingkungan yang aman dan menarik. Namun, penerapan metode ini yang tidak merata di berbagai kelompok siswa menghambat efektivitasnya secara keseluruhan. Seperti yang terlihat pada Grup 2, praktik konsisten melalui aktivitas interaktif menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berbicara mereka. Sebaliknya, Grup 1, 3, dan 4, yang memiliki paparan terbatas terhadap metode tersebut, mengalami kesulitan dalam kefasihan, pengucapan, dan kepercayaan diri. Dengan memprioritaskan keterampilan komunikasi praktis, guru dapat memberdayakan siswa untuk menggunakan bahasa Inggris dengan percaya diri dalam berbagai situasi.
Kata Kunci: Metode Pengajaran, Kemampuan Berbicara
The teaching method is a method of delivering learning information or carrying out learning tasks. This study aims to describe (1) the teaching methods used by English teachers in teaching speaking skills and (2) the impact of teaching methods on students' speaking skills at MA Raudhatul Quran Tarakan. This research used a descriptive qualitative method. The subjects in this study were English teachers at MA Raudhatul Quran Tarakan. Data collection in this study used interview, observation, and documentation instruments, which were analysed qualitatively and described narratively. The results of this study indicated that member-to-member communication, cooperative learning, task-based learning, and communicative approach effectively improve students' speaking ability, listening, negotiation, problem-solving, and interpersonal skills. Keywords: Teaching Methods, Speaking Ability