Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe PISA Menggunakan Konten Quantity Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe PISA Menggunakan Konten Quantity Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan

Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe PISA Menggunakan Konten Quantity Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan

Pengarang : Muhammad Iqbal Priandana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Literasi matematika merupakan kemampuan memahami dan menggunakan konsep dasar matematika dalam berbagai konteks untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten quantity. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 3 siswa di kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model analisis data kualitatif Miles, Huberman, dan Saldana (2014). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal PISA. Siswa dengan kategori rendah mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal quantity sedangkan kategori sedang mengalami sedikit kendala dalam menyelesaikan soal quantity dan kategori tinggi tidak mengalami kesulitan sama sekali.Temuan tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan antara kemampuan matematika siswa dengan hasil literasi matematika siswa. Dengan demikian, untuk meningkatkan literasi matematika siswa dapat dilakukan dengan guru merancang program pembelajaran yang sesuai dengan siswa, memberikan pembelajaran sesuai dengan gaya belajar siswa, dan membiasakan siswa untuk menyelesaikan soal-soal bertipe PISA.

Kata Kunci: Literasi Matematika, Quantity, Soal PISA, Matematika SMP

Mathematical literacy is the ability to understand and use basic mathematical concepts in various contexts in solving problems related to real life. This study aimed to describe students' mathematical literacy in solving PISA questions on quantity content. This research used a qualitative method with a case study approach. The participants in this study consisted of 3 students in grade VIII SMP Negeri 9 Tarakan with high, medium, and low categories Data collection techniques were conducted through tests, interviews, and documentation. The data were analyzed using the qualitative data analysis model of Miles, Huberman, and Saldana (2014) The results of this study indicated that the students experienced different difficulties in solving PISA questions Students in the low category had difficulty in solving quantity problems, while the medium category had little difficulty in solving quantity problems and the high category did not have any difficulty at all. These findings showed that there was a correlation between students' mathematical ability and students' mathematical literacy outcomes. Thus, to improve students' mathematical literacy, teachers can appropriately design learning programs to students' conditions, provide learning according to students learning styles, and accustom students to solve PISA-type problems. Keywords: Mathematical Literacy, Quantity, PISA Problem, Junior High School Mathematics

Detail Informasi