
The Effect Of Duolingo Application On Students' Vocabulary Mastery At Seventh Grade Of SMPN 5 Tarakan
Pengarang : Dinda Aprilia Nurhandini - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Belajar bahasa Inggris merupakan pembelajaran berbasis keterampilan yang membutuhkan pendekatan dan teknik yang beragam. Pendidikan saat ini banyak dipengaruhi oleh kemajuan teknologi yang mana dengan menggunakan teknologi menjadi solusi untuk menjawab tantangan belajar bahasa Inggris. Seiring dengan kemajuan sarana pembelajaran bahasa Inggris, Duolingo melengkapi cara belajar bahasa Inggris yang lebih modern melalui telepon genggam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi penggunaan aplikasi Duolingo dalam meningkatkan kosakata siswa kelas 7 di SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimental model pre-eksperimen dengan desain one group pre-test dan post-test. Sampel Penelitian diambil dengan teknik purposive sampling dengan melibatkan 30 siswa sebagai sampel. Instrumen penelitian berupa tes vocabulary untuk mengetahui kemampuan awal dan akhir siswa setelah dilakukan treatment. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh peningkatan skor siswa antara nilai pre-test dan post-test. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan duolingo dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata siswa kelas 7 SMP Negeri 5 Tarakan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada guru dan siswa dalam melakukan praktik pembelajaran bahasa secara intensif dalam bentuk yang praktis menggunakan aplikasi Duolingo.
Kata Kunci: Vocabulary mastery, Duolingo, Pembelajaran bahasa inggris
Learning English involves skill-based learning that requires various approaches and techniques. Education today is significantly influenced by technological advancements, where in technology server as solution to address challenges in English language learning. Alongside the advancements in English language learning tools, Duolingo complements modern language learning through mobile phones. This research aimed to explore the use of the Duolingo application in enhancing vocabulary among seventh-grade student at SMP Negeri 5 Tarakan. This study employs an experimental method with a pre-experimental one-group pre-test and post-test design. The research sample consists of 30 students selected through purposive sampling. The research instrument used was a vocabulary test to assess student’s initial and post-treatment abilities. Based on data analysis, an improvement in student’s score between the pre-test and post-test was observed. From the findings, it can be concluded that using Duolingo can enhance vocabulary mastery among seventh-grade students at SMP Negeri 5 Tarakan. This research is expected to inform teachers and students about conducting intensive language learning practices form using the Duolingo application. Keywords: Vocabulary Mastery, Duolingo, English Language Learning