Deskripsi Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VI-A SDN 004 Sebengkok Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VI-A SDN 004 Sebengkok Tarakan

Deskripsi Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VI-A SDN 004 Sebengkok Tarakan

Pengarang : Tia Andriani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VI-A di SDN 004 Sebengkok Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder, dan informan pada penelitian ini meliputi guru wali kelas VI- A dan 6 siswa kelas VI-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu sudah dilakukan dengan cukup baik. Adapun peran guru kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa sebagai fasilitator berperan dalam memfasilitasi kemudahan belajar siswa dengan gembira, menyenangkan dan bebas mengeluarkan pendapat secara terbuka guru kelas melakukan pembelajaran menggunakan media pembelajaran seperti PPT, Video pembelajaran, dan alat peraga. Guru kelas sebagai evaluator berperan menjadi penilai yang baik dalam memberikan penilaian siswa dengan melakukan tanya jawab dikelas, melakukan tes lisan dan tertulis. Guru kelas sebagai mediator berperan memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai media pembelajaran, guru kelas melakukan pembelajaran dengan menggunakan media PPT, Video pembelajaran dan alat peraga agar siswa antusias dalam mengikuti pelajaran dikelas. Guru kelas berperan sebagai motivator dengan memberi dorongan semangat kepada siswa, memberi nasihat, teguran, menata ruang kelas, menggunakan media pembelajaran dan alat peraga sehingga siswa dapat termotivasi mengikuti pembelajaran di kelas.

Kata Kunci: Peran Guru, Minat Belajar, Siswa

This study aimed to describe the role of teachers in increasing the learning interest of class VI-A students of SDN 004 Sebengkok Tarakan. This type of research was descriptive qualitative research. This study utilized primary and secondary data sources, and informants in this study included the homeroom teacher and 6 students of class VI-A. Data collection techniques used were interviews, observation and documentation. Furthermore, the data analysis technique used the Miles and Huberman model including data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that the role of the teacher in increasing students' learning interest had been done quite well. The homeroom teacher played a role in increasing students' learning interest as a facilitator, mainly in facilitating the ease of learning for students with joy, fun and free to express their opinions openly. The homeroom teacher as an evaluator played a role in being a good assessor in assessing students by conducting questions and answers in class, conducting oral and written tests. The homeroom teacher as a mediator had knowledge and understanding of learning media by conducting learning activities using PowerPoint media, learning videos and teaching aids, so the students were enthusiastic about participating in class lessons. The homeroom teacher acted as a motivator by encouraging students, giving advice, reprimands, organizing classrooms, using learning media and teaching aids so that students can be motivated to take part in classroom activities. Keywords: Teacher's Role, Learning Interest, Students

Detail Informasi