
Analisis Kemampuan Spasial Siswa Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Jenis Kelamin
Pengarang : Wulansari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan spasial yang dimiliki oleh siswa kelas VIII di SMPN 4 Tarakan apabila ditinjau dari jenis kelamin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan kelas VIII SMPN 4 Tarakan. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling dengan per-timbangan siswa yang mendapatkan nilai tertinggi pada PAS Ganjil serta siswa yang komunikatif. Metode pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek laki-laki mampu menguasai indikator menentukan kedalaman suatu bangun ruang dengan mengasumsikan kedalaman sebagai tinggi bangun, mengidentifikasi kemiringan suatu bangun ruang terhadap acuan vertikal maupun horizontal dengan merepre-sentasikan botol miring pada sudut yang benar, mengidentifikasi jaring-jaring dari suatu bangun ruang dengan membayangkan susunan pada jaring-jaring, serta menentukan posisi bangun ruang setelah diputar dan saat mengalami perubahan sudut pandang dengan menggunakan teknik yang sama yaitu memutar kertas. Namun siswa laki-laki tidak memenuhi indikator membedakan garis, bidang vertikal dan horizontal pada bangun ruang. Sedangkan siswa perempuan mampu menentukan kedalaman suatu bangun ruang menggunakan rumus yang tepat, mengidentifikasi kemiringan suatu bangun ruang terhadap acuan vertikal maupun horizontal dengan teknik membagi sudut, membedakan garis, bidang vertikal dan horizontal pada bangun ruang dengan tepat, mengidentifikasi jaring-jaring suatu bangun ruang dengan membayangkan apabila jaring-jaring dapat dipegang dan dilipat, menentukan perubahan posisi bangun ruang setelah diputar dengan sudut tertentu menggunakan cara membagi sudut, serta menentukan posisi bangun ruang saat mengalami perubahan sudut pandang dengan membayangkan perputaran bangun hingga menemukan posisi simbol yang sesuai.
Kata Kunci: Bangun Ruang Sisi Datar, Jenis Kelamin, Kemampuan Spasial
This study aims to analyze the spatial abilities of 8th grade students at SMPN 4 Tarakan in the context of gender, This qualitative research involves two students: one male and one female, selected using purposive sampling based on their highest scores in the odd semester assessment and their communicativeness. Data collection methods include document analysis and interviews. The data analysis follows the Miles and Huberman technique. The results indicate that the male student mastered the indicators of determining the depth of a geometric shape by assuming depth as height, identifying the tilt of a geometric shape against vertical and horizontal references by representing a tilted bottle correctly, identifying the nets of a geometric shape by visualizing the arrangement, and determining the position of a geometric shape after rotation and change of viewpoint using the same technique of rotating paper. However, the male student did not meet the indicator of distinguishing lines and planes (vertical and horizontal) in a geometric shape. The female student, on the other hand, was able to determine the depth of a geometric shape using the correct formula, identify the tilt of a geometric shape against vertical and horizontal references by dividing angles, distinguish lines and planes (vertical and horizontal) accurately, identify the nets of a geometric shape by visualizing holding and folding the nets, determine the position of a geometric shape after rotation using angle division, and determine the position of a geometric shape after a change of viewpoint by visualizing the rotation until the correct position is found. Keywords: Geometry, Gender, Spatial Ability