
Peran Guru Dalam Menananamkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kleas V - B DI SDN 007 Mamburungan.
Pengarang : Junainah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar siswa kelas V-B di SDN 007 Mamburungan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif deskriptif. Fokus dalam penelitian ini adalah peran guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar siswa kelas V-B di SDN 007 Mamburungan. Sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan informan yaitu guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan Teknik analisis data kualitatif melalui proses reduksi data, peyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru kelas V-B SDN 007 Mamburungan telah melaksanakan perannya yaitu : (1) peran guru sebagai pengajar dalam menanamkan kedisplinan belajar siswa mengerjakan tugas sudah berjalan dengan baik, guru dapat melakukan dengan menggunakan metode pembelajaran penugasan untuk memberikan tugas siswa agar dapat mengetahui kedisiplinan belajar siswa yaitu mengumpulkan tugas tepat waktu (2) peran guru sebagai model dan teladan dalam menanamkan kedisiplinan belajar siswa disiplin masuk sekolah dan disiplin berpakian sudah sejalan dengan baik, guru dapat memberikan contoh yang baik bagi siswa dengan dating kesekolah tepat waktu dan cara berpakian guru rapi, sopan dan sesuai dengan jadwal sehingga siswa dapat mencontohkan guru untuk datamg ke sekolah tepat waktu dan berpakaian seragam dengan rapi, sopan dan sesuai dengan jadwal. Dengan peran tersebut maka guru berusaha menciptakan suasanan belajar yang nyaman bagi siswa. Peran guru tersebut harus selalu di tingkatkan oleh guru, jika guru tidak peduli maka siswa akan mengalami banyak hambatan dalam menanamkan kediplinan belajar siswa di kelas.
Kata Kunci: Peran Guru, Kedisiplinan Belajar, Siswa
This study aims to describe the role of teachers in instilling learning discipline in 5th grade students at SDN 007 Mamburungan. This research employed a descriptive qualitative method. The focus is on the role of teachers in fostering learning discipline in 5th grade students at SDN 007 Mamburungan. Data sources included primary and secondary data, with informants being teachers and students. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation, along with qualitative data analysis through data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that the 5th grade teacher at SDN 007 Mamburungan performed the following roles: (1) as an instructor, the teacher effectively instilled discipline in completing assignments using the task-based learning method, ensuring students submit their tasks on time; (2) as a role model, the teacher exemplified punctuality and proper attire, encouraging students to arrive on time and dress neatly and appropriately. These roles contribute to creating a conducive learning environment. Teachers must consistently enhance these roles to prevent students from facing significant challenges in developing learning discipline. Keywords: Teacher's Role, Learning Discipline, Students