Analisis Pemahaman Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Siswa Kelas VIII SMPN 13 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Pemahaman Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Siswa Kelas VIII SMPN 13 Tarakan

Analisis Pemahaman Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Siswa Kelas VIII SMPN 13 Tarakan

Pengarang : Rizal Pardiansyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pemahaman matematika merupakan suatu kompetensi dasar pada pelajaran matematika yang meliputi kemampuan siswa yang menyerap materi, mengingat rumus terhadap konsep matematika, serta mampu menerapkannya dalam konteks kehidupan sehari-hari. Dalam Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan sejumlah data secara empiris berdasarkan fakta dilapangan atau secara alamiah. Dengan tujuan analisis pemahaman dalam menyelesaikan soal matematika ditinjau dari jenis kelamin laki-laki dan perempuan pada siswa kelas VIII SMPN 13 Tarakan. Peneliti mengambil data dengan cara melakukan wawancara, observasi, maupun dokumentasi kepada empat subjek yang telah dipilih sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan bahwa terdapat perbedaan antara siswa laki-laki dan perempuan dari segi kemampuan pemahaman dalam menyelesaikan soal matematika pada materi SPLDV. Pada subjek laki-laki (LK1) dan (LK2) didapatkan bahwa dari ketiga indikator pemahaman dalam menyelesaikan soal matematika ditinjau dari jenis kelamin masih rendah terutama pada indikator yaitu menyatakan ulang sebuah konsep yang ditanyakan. Berbeda dengan tingkat pemahaman siswa perempuan (PR1) dan (PR2) diantara ketiga indikator yang telah ditentukan siswa perempuan mampu menyelesaikan soal pada materi SPLDV dengan memiliki pemahaman yang baik. Maka dapat disimpulkan kemampuan pemahaman dalam menyelesaikan soal matematika siswa perempuan lebih unggul dari siswa laki-laki.

Kata Kunci: Jenis Kelamin, Kemampuan Pemahaman Matematika, Siswa, Materi SPLDV

The ability to comprehend mathematics is a fundamental competency that is integral to the learning process in mathematics classes. This encompasses the capacity to assimilate information, retain mathematical formulas, and apply them in real-world contexts. This research used a qualitative method by collecting some empirical data based on facts in the field or naturally. The purpose of analyzing understanding in solving math problem in terms of male and female gender in eight graders of SMPN 13 Tarakan. The researcher collected data throught interviews, observations, and documentations from four subject who had been previously selected. The results of the research showed that there were differences between male and female students in terms of understanding the ability to solve math problems on SPLDV material. In male subject (LK1) and (LK2), it was found that the three indicators of understandings in solving math problems in terms of gender were still low, particularly in the indicator of restating a concept that was asked. The level of understanding of female students (PR1) and (PR2) among the three indicators that have determined female students can solve problems on SPLDV material by having a good understanding. It can be concluded that the ability to understand in solve math problems of the female students is superior to male students. Keywords: Gender, Mathematics Understanding Ability, Students, SPLDV Material

Detail Informasi