
Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Proyek Di SMP Negeri 11 Tarakan
Pengarang : Pirman - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Pembelajaran berbasis proyek merupakan pembelajaran kolaboratif yang mampu meningkatkan tanggung jawab dan kerjasama antar siswa. Pembelajaran proyek telah diterapkan di SMP N 11 dalam pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP N 11 Tarakan. Sampel diambil secara purposive, dengan jumlah 26 siswa. Instrument yang digunakan adalah angket respons siswa terhadap pembelajaran berbasis proyek. Data dianalisis secara deksriptif menggunakan persentase dan disesuaikan dengan interpretasi skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 75,23% siswa memberi respons baik terhadap pembelajaran berbasis proyek. Hal tersebut dikarenakan bahwa siswa lebih mudah dalam memahami materi, dan siswa diberikan kebebasan dalam berkreativitas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran berbasis proyek mendapat respons baik dari siswa, sehingga dapat direkomendasikan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Pembelajaran berbasis proyek; deskriptif; respons
Project-based learning is a collaborative approach that can improve student accountability and cooperation. The Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) has been the subject of project learning in SMP N 11. The objective of this research was to evaluate the implementation of project-based learning. This research methodology employed quantitative analysis for description. This research focuses on an SMP N 11 Tarakan student, with 26 students purposively chosen as the sample. The research instrument was a questionnaire that collects student responses regarding project-based learning. The data was examined using descriptive statistics: percentages, and adjusted to align with the interpretation of the Likert scale. The research findings showed that 75.23% of students responded positively to project-based learning. This is because students possess a high level of comprehension of the subject matter and are granted autonomy in expressing their creativity. It indicated that project-based learning elicits a positive response from students, making it a highly recommended approach to learning. Keywords: Project-based learning, Students' View