Pengaruh Pendekatan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) Terhadap Kepercayaan Diri Siswa SMP Negeri 13 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Pendekatan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) Terhadap Kepercayaan Diri Siswa SMP Negeri 13 Tarakan

Pengaruh Pendekatan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) Terhadap Kepercayaan Diri Siswa SMP Negeri 13 Tarakan

Pengarang : Nuradeha - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Percaya diri adalah sikap positif seorang individu yang mampu untuk mengembangkan penilaian positif baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan/situasi yang dihadapinya Wenny (2016). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konseling kelompok dengan Pendekatan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) Terhadap Kepercayaan Diri Siswa SMP Negeri 13 Tarakan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen menggunakan one group pretest-posstest design. Dengan populasi dalam penelitian ini berjumlah 95 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 10 orang siswa yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu skala kepercayaan diri jenis skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dengan SPSS 22.0. Berdasarkan uji analisis diketahui bahwa nilai signifikan 0.000 < 0,05 dan nilai t hitung 5,883 > t tabel 1.833, artinya ada pengaruh konseling kelompok dengan Pendekatan Rational-Emotive Behavior Therapy (Rebt) terhadap Kepercayaan diri Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 13 Tarakan.

Kata Kunci: Konseling Kelompok, Kepercayaan Diri, Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT)

Self-confidence is defined as a positive attitude in which an individual maintains a favoreble assessment of both oneself and the surrounding environment or situation (Wenny, 2016). This study aimed to determine the effect of group counseling using the Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) approach on the students’ self confidence at SMP Negeri 13 Tarakan. The study employed a quantitative with experimental approach using a one-group pretest-posttest design. The study population consisted of 95 students, from which a simple of 10 students was randomly selected. A Likert scale-based self –confidence assesment was utilized as the measuring instrument. The data were analyzed using a paired sample t-test with SPPS 22.0. the results revealed aa probability value (0.000) was smaller t-test the level of significance (0.05) and the t-test value (5.883) was greater than the t-table value (1.833), indicating a significant effect. Therefore ,it was concluded that the application of group counseling with the Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) approach significantly enhance the self-confidence of the seventh-grade students at SMP Negeri 13 Tarakan. Keywords: Group Conseling, Self-Confidence, Reational-Emotive Behavior Therapy (REBT)

Detail Informasi