
An Analysis Of Students’ Difficulties In Paragraph Writing At The Second Semester English Education Department
Pengarang : Chelsea Okvelly Laurensy - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor kesulitan mahasiswa dalam mata kuliah menulis paragraf. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dengan pupulasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris semester dua lokal A1 dengan jumlah 34 mahasiswa dan sampel penelitian adalah 8 mahasiswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti menggunakan Observasi dan Interview sebagai instrument penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan data collection, data reduction, data display, dan verifying conclusion. Hasil penelitian menunjukkan terdapat empat indikator yang memengaruhi masalah dalam menulis sebuah teks paragraph yaitu Content, Organization, Grammar, dan Mechanics. Menentukan content dan organization muncul sebagai masalah yang menonjol dalam memengaruhi mahasiswa dalm menulis teks paragraf. Masalah yang di hadapi mahasiswa dalam menulis teks paragraph juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang memengaruhi mahasiswa adalah kurangnya motivasi diri, kurangnya rasa percaya diri, dan kurangnya penguasaan kosakata. Faktor internal yang dominan adalah kurangnya rasa percaya diri dan penguasaan kosakata. Sedangkan faktor eksternal yang memengaruhi terdiri dari gaya mengajar dosen, lingkungan yang kurang mendukung, dan situasi di dalam kelas. Faktor eksternal yang dominan adalah lingkungan belajar yang kurang mendukung dan situasi di dalam kelas. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat indicator dan faktor yang yang dominan memegaruhi mahasiswa dalam menulis teks paragraph.
Kata kunci: Menulis, Masalah Menulis, Teks paragraph
The aim of the study was to analyze the factors contributing to students’ difficulties in the paragraph writing course. The research method employed was Descriptive Qualitative, with the research population consisting of 34 second-semester students of English Education in the A1 class. The sample comprises eight students selected using a purposive sampling technique. The researcher utilized Observation and Interviews as research instruments. Data analysis techniques involved data collection, data reduction, data display, and conclusion verification. The research findings indicated four indicators influencing difficulties in writing a paragraph: Content, Organization, Grammar, and Mechanics. Determining content and organization emerged as prominent issues affecting students in paragraph writing. Students’ problems in writing a paragraph were also influenced by various factors, categorized into internal and external factors. Internal factors affected students’ low self-motivation, low self-confidence, and inadequate vocabulary mastery. Dominant internal factors were low self-confidence The external factors that influenced was teaching style, unsupportive environment, and classroom situation. The dominant external factors are an unsupportive learning environment and classroom situation. This research concluded that there were dominant indicators and factors influencing students in writing paragraphs. Keywords: Writing, Writing Problems, Paragraph Text