
Teacher Strategies In Teaching English Vocabulary In Merdeka Curriculum At Seventh Graders Of SMPN 5 Tarakan
Pengarang : Megawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh Guru dalam mengajarkan kosakata Bahasa Inggris dalam Kurikulum Merdeka pada siswa kelas tujuh SMPN 5 Tarakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Setting penelitian ini adalah SMPN 5 Tarakan. Subjek penelitian ini adalah Guru Bahasa Inggris yang mengajar kelas tujuh. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan analisis data, peneliti menemukan beberapa strategi dalam mengajarkan kosakata Bahasa Inggris, yaitu menggunakan Picture, Games, Kamus dan Inquiry Based Learning. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa Guru menggunakan strategi yang berbeda-beda ketika mengajar di kelas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada beberapa strategi pengajaran kosakata Bahasa Inggris yang sangat berguna bagi Guru ketika mengajar, karena dengan strategi tersebut Guru dapat mengetahui batasan dan karakteristik siswa. Disarankan juga agar para Guru Bahasa Inggris lebih kreatif, mengembangkan dan memvariasikan strateginya dalam mengajarkan kosakata Bahasa Inggris.
Kata-kata kunci: Strategi Guru, Kosakata Bahasa Inggris, Merdeka Curriculum
This study aimed to find out the strategies used by teachers in teaching English vocabulary in Merdeka Curriculum at seventh grade students of SMPN 5 Tarakan. The method used in this study was a descriptive qualitative method. The setting of this research was SMPN 5 Tarakan. The subject of this study was an English teacher who teaches seventh grade. Data were collected through observation and interviews. Based on the data analysis, the researcher found several strategies in teaching English vocabulary, namely using Pictures, Games, Dictionaries and Inquiry Based Learning. Based on the results of observations and interviews, showed that teachers used different strategies when teaching English in the classroom. The conclusion of this study revealed that there were several English vocabulary teaching strategies that are very useful for teachers when teaching, because by these strategies the teachers can know the limitations and characteristics of students. In addition, it is also recommended that English teachers must be more creative, develop and vary their strategies in teaching English vocabulary. Keywords: Teacher Strategy, English Vocabulary, Merdeka Curriculum.