
Identifikasi Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII MTs Negeri Tarakan Ditinjau Dari Adversity Quotient
Pengarang : Desi Agustriani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari adversity quotient. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan populasi penelitian 120 siswa pada Kelas VIII MTs Negeri Tarakan Tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling, dimana 60 siswa sebagai sampel. Instrumen pengumpulan data berupa tes kemampuan representasi matematis berbentuk uraian dan angket adversity quotient. Teknik analisis data yang digunakan ialah statistika deskriptif. Kemudian data tes diidentifikasi berdasarkan indikator kemampuan representasi matematis, dan data angket diidentifikasi berdasarkan tingkat Adversity Quotient (AQ). Data yang telah diidentifikasi kemudian diklasifikasikan berdasarkan kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan siswa Kelas VIII MTs Negeri Tarakan didominasi oleh siswa yang memiliki kemampuan representasi matematis yang kurang dan memiliki Adversity Quotient (AQ) camper. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan karakteristik dimana siswa climber menunjukkan kemampuan representasi matematis yang baik dan mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan representasi matematis dibandingkan siswa camper dan quitter. Siswa climber mampu menyajikan dan memvisualisasikan permasalahan ke dalam gambar, mampu menyelesaikan perhitungan matematis, dan mampu menyajikan permasalahan dengan kata-kata. Sedangkan siswa camper belum mampu menyajikan dan memvisualisasikan permasalahan ke dalam gambar, belum mampu menyelesaikan perhitungan matematis, dan belum mampu menyajikan permasalahan dengan kata-kata. Adapun siswa quitter belum mampu menyajikan dan memvisualisasikan permasalahan ke dalam gambar, belum mampu menyelesaikan perhitungan matematis, dan tidak memiliki kemampuan dalam mengolah informasi dengan kata-kata.
Kata Kunci: Adversity Quotient, Kemampuan Representasi Matematis
This study aims to identify students’ mathematical representation ability regarding adversity quotient. The method used quantitative with a research population of 120 students in Class VIII MTs Negeri Tarakan Academic Year 2022/2023. Sampling was taken by accidental sampling technique, where 60 students were selected as samples. Research instruments were a form oh mathematical representation ability tests and adversity quotient questionnaires. The data analysis technique used descriptive statistics. The identified data were then classified based on students’ mathematical representation ability regarding Adversity Quotient (AQ). Data analysis showed that students in Class VIII MTs Negeri Tarakan were dominated by students with poor mathematical representation skills and camper Adversity Quotient (AQ). The results also showed differences in characteristics where climber students showed good mathematical representation skills and could fulfill all indicators of mathematical representation skills compared to camper and quitter students. Climber students could present and visualize problems into pictures, complete mathematical calculations, and present problems in words. At the same time, camper students could not present and visualize problems into images, complete mathematical calculations, and present problems in words. The quitter students could not present and visualize problems into pictures, complete mathematical calculations, and could not process information in words. Keywords: Adversity Quotient, Mathematical Representation Ability