
Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 13 Tarakan
Pengarang : Windi Novita Sari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP negeri 13 Tarakan kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang penting dalam kehidupan sehari-hari dan juga dalam dunia akademik keterampilan ini melibatkan kemampuan menganalisis informasi mengevaluasi argumen dan membuat kesimpulan berdasarkan bukti yang tersedia. Keterampilan berpikir kritis berarti kemampuan mengevaluasi informasi secara kritis dan objektif, dengan tujuan untuk mengambil keputusan yang tepat titik berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa data keterampilan berbagi kritis sebelum diberikan dan perlakuan dan sesudah diberi perlakuan seluruhnya berdistribusi normal dan homogen. Instrumen yang di gunakan adalah skala keterampilan berpikir kritis, skala yang digunakan yaitu skala likert tentang keterampilan berpikir kritis berdasarkan teori (Ennis, 2011). Berdasarkan hasil uji paired sample test diperoleh nilai teh hitung sebesar 15,545 lebih besar dari tabel 1,833. Sebagaimana dasar pengambilan keputusan maka ho ditolak dan ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam pemilihan kelompok terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP negeri 13 Tarakan.
Kata Kunci: Bimbingan, Kelompok, Keterampilan, Berpikir, Kritis
The purpose of the research was to determine the effect of group guidance services on critical thinking skills of the eighth-grade students at SMPN 13 Tarakan. Critical thinking skills are the important skills in everyday life and also in the academic world. these skills involve the ability to analyze information, evaluate arguments and take the conclusions based on available evidence. Critical thinking skills mean the ability to evaluate information critically and objectively, with the aim of making informed decisions. The results of the research showed that the data of critical sharing skills before treatment and after treatment were all normally distributed and homogeneous. The instrument used was a critical thinking skills scale, the scale used was a Likert scale about critical thinking skills based on theory (Ennis, 2011). Based on the results of the paired sample test, the calculated t-value of 15.545 was greater than the table l . 833. then ho was rejected and ha was accepted. It concluded that there was an influence in group selection on the critical thinking skills of the eighth-grade students at SMPN 13 Tarakan. Keywords: Guidance, Group, Skill, Thinking, Critical