
Strategies Used By English Language Teachers In Teaching Vocabulary At Eighth Grade Of SMPN 4 Tarakan.
Pengarang : Yuni Lestari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran dengan strategi yang digunakan oleh Guru Bahasa Inggris dalam mengajarkan kosakata Bahasa Inggris di SMPN 4 Tarakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Setting penelitian ini adalah SMPN 4 Tarakan. Subjek penelitian ini adalah Guru Bahasa Inggris yang mengajar kelas delapan. Data dikumpulkan melalui observasi ceklis dan wawancara. Berdasarkan analisis data, peneliti menemukan beberapa metode dalam mengajarkan kosakata Bahasa Inggris, yaitu Game (Kereta Kata) dan Demonstrasi. Temuan dari penelitian ini, dari hasil observasi dan wawancara Guru yang berbeda ketika mengajar di kelas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada beberapa metode pembelajaran dengan strategi pengajaran kosakata Bahasa Inggris yang sangat berguna bagi Guru ketika mengajar, karena dengan metode tersebut Guru dapat mengetahui batasan dan karakteristik siswa. Disarankan juga agar para Guru Bahasa Inggris lebih kreatif, mengembangkan dan memvariasikan metode pembelajaran dengan strateginya dalam mengajarkan kosakata Bahasa Inggris.
Kata kunci: Strategi Guru, Kosakata.
This study aims to find outthe teaching strategies used by English language teachers in teaching English vocabulary at SMPN 4 Tarakan. The research method used in this research was a qualitative method. The setting of this research was SMPN 4 Tarakan. The subject of this research was an English teacher who teaches eighth grade. Data was collected through observation checklist and interview. Based on the data analysis, the study found several teaching strategies delivered in teaching English vocabulary, Nameli Game (Word Train) and Demonstration. The conclusion of this study was that there were some learning strategies used by teacher in teaching vocabulary that are very useful for teachers when teaching, because with these strategies teachers can know the student's characteristics well. It is also suggested that English teachers should be more creative, develop and vary the learning methods with strategies in teaching English vocabulary. Keyword: Teacher's Strategy, Vocabulary.