
Analisis Penerapan Kurikulum Merdekabelajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas VII SMP Negeri 11 Tarakan
Pengarang : Anisah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 11 Tarakan dan bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dari penerapan kurikulum merdeka belajar pada sekolah SMP Negeri 11 Tarakan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia kelas VII, kepala sekolah, waka kurikulum dan siswa kelas VII-2 sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 11 Tarakan telah mengalami perkembangan, dapat dilihat adanya perkembangan kompetensi pada siswa melalui pembelajaran yang fleksibel. Pencapaian tujuan pembelajaran melalui penanaman profil pelajar pancasila juga sudah mengalami perkembangan. Para guru juga mulai terbiasa pada kurikulum baru ini. Selanjutnya, dari hasil angket kuesioner yang diberikan kepada siswa hasil dari penerapan kurikulum merdeka belajar berkategori tinggi (Responden dengan kategori tinggi adalah Siswa yang memiliki pemahaman tinggi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar) dengan persentase sebesar 87% dan frekuensi 26 artinya pada proses pembelajaran siswa cukup memahami pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya penerapan kurikulum merdeka belajar ini membuat siswa cukup mengalami perkembangan pada proses pembelajaran.
Kata kunci: Kurikulum Merdeka Belajar, Mata Pelajaran, Bahasa Indonesia
This study aims to describe the application of the independent learning curriculum in Indonesian language subjects at SMP Negeri 11 Tarakan and how students learn achievement in Indonesian language subjects. The design of this research was qualitative, using a descriptive method. The participants in this study were the seventh-grade Indonesian language teacher, the principal, the vice principal of curriculum, and 30 students from the VII-2 class. Data collection techniques used in this research are observation, interview, documentation and questionnaire. Data analysis techniques were carried out in three stages: data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that the application of the independent learning curriculum in Indonesian language subjects in class VII of SMP Negeri 11 Tarakan has progressed; it can be seen that there is a development of competence in students through flexible learning. The achievement of learning objectives by cultivating the Pancasila student profile has also progressed. The teachers were also getting used to this new curriculum. Furthermore, the results of the questionnaire given to students showed a positive response in the high category (87%), meaning that students entirely understand learning using the independent learning curriculum. Based on the result, applying this independent learning curriculum makes students experience enough development in the learning process. Keywords: Independent Learning Curriculum, Subjects, Indonesian Language