An Analysis On Students’ Problem In Reading Skill At Eighth Grade Of SMPN 10 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of An Analysis On Students’ Problem In Reading Skill At Eighth Grade Of SMPN 10 Tarakan

An Analysis On Students’ Problem In Reading Skill At Eighth Grade Of SMPN 10 Tarakan

Pengarang : Ulfa Inayah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan masalah siswa dalam keterampilan membaca pada siswa kelas delapan SMPN 10 Tarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan sample kelas VIII yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dokumem analisis, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi penarikan kesimpulan. Dari analisis data, peneliti menemukan permasalahan siswa dan penyebab permasalahan dalam keterampilan membaca bahasa Inggris kelas VIII SMPN 10 Tarakan. Permasalahan tersebut adalah keterampilan membaca bahasa Inggris yang dihadapi siswa dalam penguraian kata atau pengucapan kata dan pemahaman yang buruk terhadap membaca. Permasalahan tersebut mengakibatkan siswa banyak membuat kesalahan ketika mengerjakan soal tentang keterampilan membaca. Selanjutnya terdapat faktor penyebab permasalahan dalam keterampilan membaca yakni latar belakang pengetahuan, kurangnya kosakata, metode pengajaran, strategi pembelajaran, dan lingkungan siswa. Berdasarkan beberapa masalah di atas, peneliti menyimpulkan bahwa, penyebab terbesar kesulitan siswa dalam keterampilan membaca bahasa Inggris adalah latar belakang pengetahuan dan kurangnya kosakata yang mereka ketahui.

Kata kunci: Keterampilan Membaca, Permasalahan dalam membaca

This study described the issues faced by students in reading skills among eighth- grade students at SMPN 10 Tarakan. The research adopted a qualitative descriptive approach, with a sample of thirty-two eighth-grade students. Data collection methods included document analysis, observation, and interviews. Data analysis techniques involved data reduction, data presentation, and conclusion. From the data analysis, the researcher identified student problems and the causes of these problems in English reading skills among eighth-grade students at SMPN 10 Tarakan. The identified issues included difficulties in decoding or pronouncing words and poor reading comprehension. These problems made the students make many errors when answering reading comprehension questions. Furthermore, there were contributing factors to these reading skill issues, including background knowledge, vocabulary deficiency, teaching methods, learning strategies, and the student environment. Based on the problems above, the researcher concluded that the primary causes of students' difficulties in English reading skills are their background knowledge and lack of vocabulary. Keywords: Reading Skill, Reading Problems

Detail Informasi