
Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas IX SMP Negeri 8 Tarakan
Pengarang : Feronica - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh gaya belajar visual terhadap prestasi belajar, 2) mengetahui pengaruh gaya belajar audiotorial terhadap prestasi belajar, 3) mengetahui pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar. Dengan populasi 223 siswa kelas IX dan teknik samplig adalah simple random sampling (pengambilan secara random) yaitu sebanyak 146 dari kelas IX. Metode pengumpulan data yaitu kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji T didapatkan hasil t hitung yaitu untuk gaya belajar visual sebesar -3,171, gaya belajar audiotorial sebesar -3,562, dan gaya belajar kinestetik sebesar -4,545. Jika dibandingkan t tabel dengan N 146 pada a 0,05 yaitu sebesar -1,655 yang berarti -3,171 < -1,655, -3,562 < -1,655, dan -4,545 < -1,655 (t hitung lebih kecil dari t tabel). Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima sehingga terdapat pengaruh yang negatif antara gaya belajar visual, audiotorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 8 Tarakan.
Kata Kunci: Gaya Belajar, Prestasi Belajar, Matematika SMP
The type of research used in this study was a quantitative study with a survey method. This study aimed to 1) determine the effect of visual learning style on learning achievement; 2) investigate the effect of auditory learning style on learning achievement; and 3) analyze the effect of kinesthetic learning style on learning achievement. With a population of 223 student in class IX, the sampling technique was simple random sampling (taking randomly) as many as 146 from class IX. Data collection methods were questionnaires and documentation. Based on the result of hypothesis testing with the T-test, the t-statistic result of visual learning styles was -3.171, audiotory learning syle was -3.562, and kinesthetic learning style was -4.545. If it is compared to the t table with N 146 at a 0.05, it is -1.655, which means -3.171 < -1.655, -3.562 < -1.655, and -4.545 < -1.655 (t count was smaller than t table). It can be concluded that H0 was rejected and H1 was accepted so that there is a negative influence between visual, audiotorial, and kinesthetic learning styles on the mathematics learning achievement of ninth-grade student of SMP Negeri 8 Tarakan. Keywords: Learning Style, Learning Achievement, Junior High School Mathematics