
An Analysis Of Speaking Performance In The Fourth Semester Students Of English Department
Pengarang : Tri Kasih Radyaning Sarkan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menegetahui bagaimana kemampuan berbicara mahasiswa semester empat jurusan Pendidikan Bahasa inggris. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan objek penelitian yaitu mahasiswa jurusan Bahasa Inggris semester empat. Penentuan sempel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan total sempel 71 mahasiswa dan sempel penelitian yang digunakan dalam penelitian 6 mahasiswa dari 2 kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan interview. Instrument penelitia yang digunakan berupa observasi fieldnote dan interview script. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 5 komponen kemampuan berbicara Bahasa inggris, terdapat factor yang mempengaruhi. Adapun komponen dalam berbicara yaitu Pronunciation, Grammar, Vocabulary, Fluency, dan Comprehension. Berdasarkan komponen di atas diperoleh hasil observasi dari praktek berbicara mahasiswa bahwa komponen yang paling dominan yaitu komponen fluency yang memberikan banyak pengaruh pada kemampuan Bahasa inggris mahasiswa dan di dukung dengan hasil interview yang menunjukan bahwa aspek fluency mempengaruhi komponen berbicara yang lain.
Kata kunci: Berbicara, Kemampuan Berbicara.
The objective of this research was to determine the speaking ability of fourth-semester students in the English Education Department. The research method used in this study was qualitative, with the research subject being fourth-semester students in the English Department. The sample was selected using purposive sampling, with a total of seventy-one students and a research sample of six students from 2 classes. Data collection techniques included observation and interviews. The research instruments used were observation field notes and interview scripts. The research findings indicated that among the five components of English speaking ability, there was a component that significantly influenced students speaking skills. The components are Pronunciation, Grammar, Vocabulary, Fluency, and Comprehension. Based on these components, the observation result from students' speaking practice revealed that fluency was the most dominant component, significantly impacting students’ English speaking ability. The result is supported by interview results showing that fluency affects other speaking components. Keywords: Speaking, Speaking Performance