Eksplorasi Penyusunan Soal PTS Pada Mata Pelajaran Matematika | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Eksplorasi Penyusunan Soal PTS Pada Mata Pelajaran Matematika

Eksplorasi Penyusunan Soal PTS Pada Mata Pelajaran Matematika

Pengarang : Yulviantri Devi Pratiwi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Permasalahan penelitian ini terkait dengan penyusunan soal PTS Pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui langkah-langkah penyusunan soal Penilaian Tengah Semester (PTS) oleh guru pada pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 2 orang guru matematika dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kemudian teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, keabsahan data penelitian menggunakan teknik triangulasi waktu dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyusunan soal Penilaian Tengah Semester (PTS) yaitu (1) diawali dengan merancang pembelajaran melalui RPP, (2) RPP dirancang sekaligus dengan evaluasi, (3) melakukan assesmen dengan a) membuat dan menyusun soal dari sumber manapun, b) Soal-soal yang disajikan bebas dalam bentuk soal pilihan ganda ataupun esai, c) jumlah soal tergantung guru mata pelajaran masing-masing, (4) Jadwal Penilaian Tengah Semester (PTS) yang tidak lagi terjadwal.

Kata Kunci: Penyusunan Soal PTS, Pelajaran Matematika

This research addresses the problem of preparing midterm examination questions in mathematics. The study aimed to determine the steps taken by teachers in preparing midterm examination questions for mathematics. This qualitative study involved two mathematics teachers selected through purposive sampling. Data collection methods included interviews, and data analysis techniques encompassed data condensation, data presentation, and conclusion drawing. The validity of the data was ensured through triangulation of time and sources. The findings revealed that the steps for preparing midterm examination questions included: (1) initiating with lesson planning through RPP (Lesson Plan), (2) designing the RPP along with evaluation, (3) conducting assessments by a) creating and compiling questions from various sources, b) presenting questions in multiple-choice or essay formats, c) determining the number of questions based on each subject teacher, and (4) having a non-scheduled midterm examination timeline. Keywords: Midterm Examination Question Preparation, Mathematics Education

Detail Informasi