
Pengaruh Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Tarakan
Pengarang : Suwaibatul Aslamiah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara minat baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Tarakan. Jenis yang digunakan pada penelitian ini ialah kuantitatif dengan metode kuantitatif analisis. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII SMP Negeri 11 Tarakan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur minat baca siswa yaitu berupa angket dengan jumlah sampel 106 siswa dengan menggunakan teknik probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi (r2) dan Uji-t. Setelah mengumpulkan data yang diperoleh dari responden, peneliti melakukan analisis data dengan cara analisis regeresi linear sederhana menggunakan aplikasi SPSS 23. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh minat baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dengan analisis regresi linear sederhana ditemukan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 kemudian dilanjutkan dengan analisis koefisien determinasi (r2) dan diperoleh hasil 0,730 dari data yang telah diperoleh dapat diketahui bahwa pengaruh variable X terhadap variable Y yaitu sebesar 73%. Pada uji signifikansi uji-t diketahui nilai t hitung 0,523 > 0,05 t-tabel. Keputusan yang dapat diambil Ha di terima Ho ditolak, yang berarti minat baca berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Tarakan. Kata
Kunci : Minat Baca, Hasil Belajar Bahasa Indonesia
This study aimed to determine the effect of reading interest on Indonesian learning outcomes of grade VIII students at SMP Negeri 11 Tarakan. The type of this study was quantitative method analysis. This research was conducted in grade VIII. The instrument used tomeasure students’ reading interest in the form of a questionnaire with a sample of 106 students using probability sampling techniques. The data analysis techniques used in this study were descriptive analysis, simple linear regression analysis, determination coefficient test (r2) and t-test. After collecting the data obtained from the respondents, the researcher conducted data analysis by means of a simple linear regression analysis using the SPSS 23 application. The results of the study showed that there was an effect of reading interest on students’ learning outcomes of Indonesian subject with a simple linear regression analysis, a significance value of 0.002 < 0.05 was found, then continued with a determination coefficient analysis (r2) and a result of 0.730 was obtained. From the data that has been obtained, it can be seen that the effect of variable X on variable Y was 73%. In the significance test of t-test, it is known that t-test calculated was 0.523 > 0.05 t-table. The decision that Ha was accepted and Ho was rejected, which means that reading interest had a significant effect on the Indonesian learning outcomes of students in grade VIII of SMP Negeri 11 Tarakan. Keywords : Reading Interest, Indonesian Language Learning Outcomes.