Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX MTS Negeri Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX MTS Negeri Tarakan

Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX MTS Negeri Tarakan

Pengarang : Diyah Septianingrum - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Kebiasaan belajar dan motivasi belajar merupakan dua hal yang saling berkaitan. Kebiasaan belajar yang baik dapat ditanamkan melalui pembuatan jadwal dan pelaksanaannya, membaca dan membuat catatan, penyelesaian tugas, cara mengikuti pelajaran, cara belajar kelompok, dan belajar mandiri di rumah. Motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa dapat dilihat dari ketekunan siswa dalam belajar, keuletan dalam menghadapi kesulitan, minat dan perhatian dalam belajar, berprestasi dalam belajar, serta mandiri dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dengan motivasi belajar matematika siswa kelas IX MTs Negeri Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian korelasi pearson product moment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Negeri Tarakan yang berjumlah 124 siswa dengan jumlah sampel 81 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling. Data penelitian diperoleh melalui pengisian angket kebiasaan belajar dan motivasi belajar oleh siswa. Berdasarkan analisis hasil pengisian angket kebiasaan belajar dan motivasi belajar oleh siswa diperoleh korelasi keduanya sebesar 0,745 dengan nilai p-value = 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada korelasi kebiasaan belajar dengan motivasi belajar, atau dapat disimpulkan bahwa 74,5% motivasi belajar di tentukan oleh kebiasaan belajar.

Kata Kunci: Kebiasaan Belajar, Motivasi Belajar

Study habits and learning motivation are two interrelated factors. Good study habits can be developed through scheduling and implementation, reading and note-taking, completing assignments, following lessons, participating in group study, and independent study at home. The motivation of Students to learn can be observed from their persistence in studying, perseverance in facing difficulties, interest and attention in learning, academic achievement, and independence in studying. This study aims to determine the relationship between study habits and mathematics learning motivation among 9th-grade students at MTs Negeri Tarakan. This research is a quantitative study using the Pearson product-moment correlation technique. The population in this study consists of 124 9th-grade students at MTs Negeri Tarakan, with a sample size of 81 students. The sampling technique used was accidental sampling. Data were obtained through questionnaires on study habits and learning motivation filled out by the students. Based on the analysis of the questionnaire results on study habits and learning motivation, a correlation of 0.745 was obtained with a p-value of 0.000 < 0.05. It can be concluded that there is a correlation between study habits and motivation, or it means that 74.5% of learning motivation is determined by study habits. Keywords: Study Habits, Learning Motivation

Detail Informasi