
Profil Kemampuan Representasi Spasial Siswa Kelas VIII SMP N 10 Tarakan Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar
Pengarang : Suhartin Ari Patmawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Kemampuan representasi spasial merupakan kemampuan siswa yang dapat membentuk, memanipulasi, dan memproses informasi tentang suatu objek dalam ruang tiga dimensi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Profil Kemampuan Representasi Spasial Siswa Kelas VIII SMP N 10 Tarakan Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kela VIII-1, VIII-2, dan VIII-3. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik nonprobability sampling dengan teknik sampling total dimana seluruh populasi merupakan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis berupa soal bangun ruang sisi datar dan dokumentasi kemudian data di analisis berdasarkan kemampuan representasi spasial peserta didik. Indikator kemampuan representasi spasial ada empat yaitu siswa dapat merekayasa gambar dengan melakukan penambahan, persembunyian, penghilangan ataupun pengkaburan terhadap suatu gambar, siswa dapat menggabungkan konsep-konsep yang telah ada untuk membentuk konsep baru, siswa dapat memisalkan ataupun menamai konsep-konsep yang terbentuk dari konsep-konsep yang lama, dan siswa dapat menjelaskan proses dari konsep-konsep yang telah dilalui dengan menggunakan Bahasa sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi spasial siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar pada kategori sangat tinggi yaitu 20,9%, terdapat 35,2% pada kategori tinggi, terdapat 30,8% yaitu pada kategori rendah dan terdapat 13,2% pada kategori sangat rendah.
Kata Kunci: Kemampuan Representasi Spasial, Penyelesaian Soal
Spatial representation ability is the ability of students to form, manipulate, and process information about an object in three-dimensional space. The purpose of the research was to determine the profile of spatial representation ability of the eighth- grade students of SMPN 10 Tarakan in solving problems of flat-sided spatial buildings. The type of research was descriptive quantitative research. The population of the research were all students of class VIII-1, VIII-2, and VIII-3. The sample of the research was taken with nonprobability sampling technique with total sampling technique. Data collection techniques used were written tests in the form of flat-sided space building problems and documentation then the data was analyzed based on the spatial representation ability of students. There are four indicators of spatial representation ability, namely students can manipulate images by adding, hiding, removing or blurring an image, students can combine existing concepts to form new concepts, students can generalize or name concepts formed from old concepts, and students can explain the process of the concepts that have been passed using their own language. The results of the research showed that the spatial representation ability of students in solving flat-sided space building problems in the very high category was 20.9%, there were 35.2% in the high category, there were 30.8% in the low category and there were 13.2% in the very low category. Keywords: Spatial Representation Ability, Problem Solving