
Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IX MTs Negeri Tarakan
Pengarang : Royyan Fauzan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi exsperiment design dengan desain penelitian Posttest - Only Control Group design. Variabel bebas penelitian ini adalah metode Tutor Sebaya dan variabel terikat penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX C sebagai kelas kontrol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya dengan pemecahan masalah matematika siswa kelas IX MTs Negeri Tarakan. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui tes tertulis dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan inferensial untuk menganalisis data akhir dengan menggunakan bantuan software SPSS 24 , 0 for windows. Hasil dari analisis deskripstif diperoleh bahwa rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen sebesar 68 , 93 sedangkan kelas kontrol sebesar 53 , 57 dan menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Adapun dari hasil uji independent samples t - test dengan taraf signitifikan 5 % ( a = 0 , 05 ) diperoleh p - value sebesar 0 , 000 dan t hitung > t tabel yaitu 8 , 235 > 2 , 056. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Tutor Sebaya berpengaruh terhadap kemampuan pemencahan masalah matemtika.
Kata Kunci: Tutor Sebaya, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
This study uses a quasi-experimental design with a Posttest-Only Control Group design. The independent variable in this study is the Peer Tutoring method, and the dependent variable is the students' mathematical problem-solving ability. The sampling technique in this study was class IX A as the experimental class and class IX C as the control class. This study aimed to determine the effect of the peer tutoring learning method on the mathematical problem-solving ability of grade IX students at MTs Negeri Tarakan. The data collection techniques in this study were written tests and documentation. The data analysis in this study used descriptive and inferential analysis to analyze the final data using the SPSS 24 , 0 for Windows software. The results of the descriptive analysis showed that the average posttest score in the experimental class was 68 , 93, while the control class was 53 , 57, indicating that the experimental class's average value was higher than the control class. The independent samples t -test results with a significance level of 5 % ( a = 0 , 05) showed a p-value of 0 , 000 and t – count > t - table, which , is 8 , 235 > 2 , 056. Thus, HO is rejected, and HI is accepted. Therefore, it can be concluded that the Peer Tutoring model has an effect on mathematical problem-solving ability. Keywords: Peer Tutoring, Mathematical Problem-Solving Ability