
Teaching Vocabulary Using The Educandy App For Eighth- Grade Students Of SMPN 4 Tarakan
Pengarang : Novi Winda Astuti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Game aplikasi Educandy merupakan salah satu media edukasi online dengan tampilan yang menarik. Berdasarkan pengalaman peneliti dan diskusi dengan guru bahasa inggris di SMPN 4 Tarakan, masih banyak siswa kelas VIII bahasa inggris yang belum memahami kosakata menulis dalam bahasa inggris dengan benar, sehingga diperlukan media pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan aplikasi Educandy dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris siswa kelas VIII SMPN 4 Tarakan dan mengetahui tanggapan siswa mengenai penerapan media tersebut. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan analisis dokumentasi, observasi, dan wawancara terbimbing sebagai instrumen penelitian. Hasil observasi mengenai penerapan permainan Educandy dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris yang dilakukan oleh pengamat menunjukkan bahwa hampir seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran kosakata bahasa Inggris telah sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang ada. Data yang dikumpulkan dari wawancara menunjukkan penerapan permainan aplikasi Educandy mendapat respon positif dari siswa kelas VIII SMPN 4 Tarakan. Siswa senang, antusias, dan terbantu dalam penerapan game aplikasi Educandy untuk melatih pembelajaran kosakata bahasa Inggris secara mendalam. Siswa setuju bahwa game aplikasi Educandy cocok untuk pembelajaran bahasa Inggris lebih lanjut.
Kata kunci: Educandy, Media, Kosakata
The educational application game is one of the online educational media that has an attractive appearance for students. Based on the researcher's experience and discussions with English teachers at SMPN 4 Tarakan, many English VIII-grade students still need help understanding English vocabulary correctly. This study aimed to describe the implementation of the Educandy application in learning English vocabulary of grade VIII students and to know the students' responses regarding the application. The researcher used a qualitative approach with documentation analysis, observation, and guided interviews as research instruments. The results of observations regarding the application of the Educandy game in learning English vocabulary conducted by observers showed that almost the entire series of English vocabulary learning activities were by the existing Learning Implementation Plan (RPP). Data collected from interviews showed that the Educandy application game received a positive response from students of class VIII SMPN 4 Tarakan, including happy and enthusiastic students, and helped apply the Educandy application game to train English vocabulary learning. Students generally think the Educandy application game is suitable for English language learning. Keywords: Educandy, Media, Vocabulary