Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 002 Sei Menggaris | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 002 Sei Menggaris

Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 002 Sei Menggaris

Pengarang : Siti Alfiyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Membaca permulaan adalah tahapan awal belajar membaca di kelas rendah yang harus dikuasai siswa sebelum memasuki tahap membaca lebih lanjut. Siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca tentu akan berpengaruh pada aktivitas belajarnya. Kesulitan membaca permulaan merupakan kondisi dimana siswa mengalami terhambatannya dalam membaca yang disebabkan oleh beberapa faktor dari dalam maupun luar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan membaca yang dialami siswa kelas II SDN 002 Sei Menggaris dan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan membaca tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan membaca permulaan, wawancara, observasi dan dokumentasi. sebanyak 19 siswa kelas II menjadi calon subjek penelitian untuk mengikuti tes kemampuan membaca permulaan, saat sedang berlangsungnya tes peneliti melakukan pengamatan berdasarkan pada lembar observasi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab siswa mengalami kesulitan membaca permulaan. Selanjutnya peneliti memilih 4 siswa yang dari hasil tes kemampuan membaca permulaan pada kategori perlu bimbingan, lalu dikonfirmasi kembali padaa subjek terpilih untuk dilakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) siswa tidak lancar membaca banyak melakukan kesalahan seperti: penghilangan huruf, penggantian suku kata/kata, dan siswa tidak memperhatikan tanda baca. Kemudian siswa juga kesulitan membedakan huruf yang mirip seperti "q" dan "p". Lalu siswa juga belum mengenal huruf alfabet secara keseluruhan. Selanjutnya ada juga siswa yang kesulitan membaca kata yang didalamnya terdapat huruf digraf atau diftong, sehingga siswa melakukan kesalahan pada saat membaca. Dikarenakan siswa telah melakukan kesalahan lebih dari batas yang ditentukan pada saat membaca kalimat, peneliti menyudahi tes membaca. 2) adapun faktor-faktor penyebab kesulitan membaca yang dialami siswa karena fokusnya mudah teralihkan, lebih suka bermain, kurang minat membaca, kesukaran dalam membaca serta saat membaca diganggu oleh teman.

Kata Kunci: Kesulitan Membaca Permulaan, Faktor Penyebab

Early reading is the initial stage of learning to read in the lower grades that students must master before progressing to more advanced reading. Students who experience difficulties in reading will undoubtedly affect their learning activities. Difficulties in early reading are a condition where students encounter obstacles in reading, caused by several internal and external factors. This study aimed to determine the reading difficulties experienced by second-grade students of SDN 002 Sei Menggaris and the factors that contribute to these reading difficulties. This study uses a descriptive qualitative methodology. Data was gathered through early reading ability tests, interviews, observations, and documentation. A total of 19 second-grade students were selected as research subjects for an early reading ability test, the researcher collected data by observing the students and recording their perfomance on an observation sheet. It was done to identify the factors causing students to experience difficulties in early reading. Furthermore, the researcher selected 4 students who, based on the results of the early reading ability test, were categorized as needing guidance, and then re-confirmed with the selected subjects to conduct interviews. The results indicate that 1) students lack fluency in reading, making numerous errors such as omitting letters, replacing syllables/words, and disregarding punctuation. Students also have difficulty distinguishing similar letters like “q” and “p”. Additionally, some students do not recognize the entire alphabet. Furthermore, there are students who struggle to read words containing digraphs or diphthongs, leading to mistakes during reading. Due to the students making more errors than the specified limit when reading sentences, the researcher stopped the reading test. 2) The factors causing the reading difficulties experienced by students include easily distracted focus, preference for playing, lack of reading interest, difficulty in reading, and being disturbed by peers during reading. Keywords: Early Reading Difficulties, Causal Factors

Detail Informasi