Pengembangan Media Integer Adventure Electronic Comic Matematika Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Integer Adventure Electronic Comic Matematika Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan

Pengembangan Media Integer Adventure Electronic Comic Matematika Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tarakan

Pengarang : Ismianda Rohadatul Aisy - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran Matematika penting untuk membangun pengetahuan matematis siswa di satuan pendidikan, namun penggunaan media pembelajaran Matematika belum memanfaatkan perkembangan teknologi dan cukup banyak siswa kelas X yang melakukan kesalahan dalam perhitungan operasi hitung bilangan bulat, dimana, materi tersebut seharusnya telah dikuasai di bangku SMP. Permasalahan ini membuat siswa semakin malas belajar Matematika, sehingga untuk mengatasi masalah ini, dikembangan media Integer Adventure Electronic Comic yang merupakan media pembelajaran komik matematika yang dapat diakses secara mandiri melalui smartphone untuk memudahkan siswa mempelajari materi operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan proses pengembangan dan menghasilkan media pembelajaran Matematika berupa Integer Adventure Electronic Comic yang layak pada materi operasi hitung bilangan bulat untuk siswa kelas X MAN Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D sebagai alur tahapan penelitian. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Subjek penelitian ini melibatkan 6 siswa kelas X MAN Tarakan. Teknik analisis data penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pengembangan media Integer Adventure Electronic Comic yang layak adalah mengikuti alur tahapan penelitian serta tervalidasi dengan kategori minimal “layak” oleh para ahli dan siswa; (2) Media Integer Adventure Electronic Comic telah tervalidasi layak untuk digunakan siswa kelas X MAN Tarakan.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Komik Elektronik, Pengetahuan Dasar Matematika, Operasi Hitung Bilangan Bulat

The use of Mathematics learning media is fundamental to building students' mathematical knowledge in educational units. However, the use of Mathematics learning media has yet to take advantage of technological developments and quite a lot of classes. This problem affects students who need to be more active in studying Mathematics. The Integer Adventure Electronic Comic media was developed to overcome this problem. It is a mathematics comic learning media that can be accessed independently via smartphone to make it easier for students to learn material about integer counting operations. This research aimed to explain the development process and produce Mathematics learning media in the form of an Integer Adventure Electronic Comic that was appropriate for integer counting operations material for class X students at MAN Tarakan. Moreover, this research was development research with a 4D development model modified to 3D as a flow of research stages. The research data collection was through observation, interview and questionnaire techniques. The subjects of this research involved 6 class X students at MAN Tarakan. The data analysis techniques for this research were descriptive qualitative and descriptive statistical analysis. The research results described that: (1) The appropriate process for developing Integer Adventure Electronic Comic media is to follow the flow of the research stages and be validated with a minimum category of "feasible" by experts and students; (2) Integer Adventure Electronic Comic media has been validated as suitable for use by class X students at MAN Tarakan. Keywords: Learning Media, Electronic Comics, Basic Mathematics Knowledge, Whole Number Counting Operations

Detail Informasi