
Problematika Mahasiswa PGSD Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Sekolah Dasar
Pengarang : Safera Meliana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Pentingnya peran matematika dalam kehidupan sebagai ilmu dan pengembangan daya pikir manusia. Seluruh masyarakat perlu untuk memahami dan menguasai matematika. Terlebih pada bagi guru atau calon guru sekolah dasar yang akan menanamkan konsep matematika dasar pada para peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika mahasiswa PGSD dalam menyelesaikan masalah matematika sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian mahasiswa PGSD Universitas Borneo Tarakan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa mahasiswa yang berada pada kriteria kemampuan rendah sebanyak 93,55 %. Dalam penelitian ini dipilih 3 subjek penelitian yang diambil dari kriteria rendah dan mahasiswa yang mengerjakan soal terbanyak namun mengalami kesalahan. Melalui lembar kerja mahasiswa dan wawancara subjek penelitian didapatkan semua aspek kesalahan muncul namun secara keseluruhan problematika dalam menyelesaikan masalah muncul secara dominan pada 3 aspek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga problematika utama yang dihadapi oleh mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika sekolah dasar. Pertama, mahasiswa mengalami kesulitan pada aspek bahasa dalam memahami soal cerita. Kedua, mahasiswa kurang menguasai materi matematika sekolah dasar. Ketiga, mengalami kesalahan pada aspek tanggapan. Terjadinya kekeliruan dalam menentukan rumus yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang diberikan.
Kata Kunci: Masalah Matematika, Problematika, Soal Cerita
Mathematics is important in life as a science for developing human thinking ability.The entire community must understand and master mathematics, especially elementary school teachers or teacher candidates who will teach their students basicmathematical concepts. This study aims to identify the obstacles PGSD studentsencounter while solving elementary school mathematics problems. It is a qualitative descriptive study that used PGSD students from the University of Borneo Tarakan as research subjects. Based on the findings, 93.55% of students were classified as having low ability. In this study, three research subjects were chosen from the low-ability category and students who attempted the most problems but made mistakes. All aspects of the errors were identified through student worksheets and interviews with research subjects, but the difficulties in solving the problems were most prevalent in three areas. The findings indicated that students face three significant challenges when solving elementary school mathematics problems. For starters, students struggle with language when trying to understand story problems. Second, students struggle with elementary school math materials. Third, they encounter errors in the response process. There are errors in determining the proper formula for solving the given problem. Keywords: Mathematics Problems, Problematics, Story Problems