Pengaruh Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung

Pengaruh Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung

Pengarang : Fitri Alawiyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menerapkan Metode Survei dengan seluruh siswa kelas VIII sebanyak 44 siswa sebagai populasi dan sampel, data dikumpulkan melalui kuesioner untuk mengukur tingkat keaktifan belajar serta menggunakan soal ulangan harian untuk hasil belajar matematika mereka. Analisis data dilakukan menggunakan statistik inferensial untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil analisis parsial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan belajar terhadap hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 9.907, yang mana lebih besar dari ttabel sebesar 2.018. Regresi yang diperoleh dari analisis menunjukkan persamaan Y=-21.292-1.541X, yang berarti setiap peningkatan satu unit dalam keaktifan belajar akan menurunkan hasil belajar matematika sebesar 1.541 unit, setelah dikontrol oleh faktor-faktor lain. Adapun besar pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 0,700 atau 70% sedangkan sisanya 30% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil ini menunjukkan pentingnya meningkatkan keaktifan belajar siswa sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menyarankan agar sekolah dan guru memperhatikan faktor-faktor yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, seperti metode pengajaran yang lebih interaktif dan motivasi belajar yang lebih baik. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pihak sekolah dan guru dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar matematika siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Keaktifan Belajar

The purpose of this study was to examine how active learning affected the mathematics learning outcomes at class VIII students SMPN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung. This study employed a survey method and a quantitative approach, using 44 students class VIII as the population and sample. Data was gathered using guestionnaires, and daily exam questions were used to determine the learning results for mathematics to guantify the amount of learning activity. Data analysis was done using inferential statistics to test the hypothesis. The partial analysis's findings demonstrated that active learning had a major impact on students' learning outcomes in mathematics. The tcount number of 9.907, which was higher than the table Of 2.018. The analysis's regression yielded the equation Y=-21,292 — 1,541X, which, once other factors were taken into account, indicated that a unit increase in learning activity resulted in a 1,541 unit decreased in mathematical learning results. Active learning had a 0.700, or 70Y6, influenced on learning outcomes in mathematics, with other factors not included in this study accounting for the other 3049. These findings highlighted the need of raising student engagement levels in an endeavour to enhance their mathematical learning outcomes. According to this research, educators should focus on elements like improved learning motivation and more interactive teaching strategies that can boost student learning activity. In order to improve students' active learning and mathematical learning outcomes, educators should use the research findings as a guide when developing effective. Keywords: Learning Outcomes, Active Learning

Detail Informasi