
Analisis Video Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII Berbasis Platform Youtube Pada Materi Pola Bilangan
Pengarang : Maria Lova - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik video pembelajaran matematika SMP Kelas VIII berdasarkan jumlah viewers terbanyak pada platform youtube Le Guru Les,Benni al azhri, Matematika Mania, Matematika Spekta dan Kimatika. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis isi. Data dikumpulkan melalui kegiatan analisis pada 3 aspek yaitu aspek isi,aspek grafika dan aspek Bahasa yang memuat beberapa indikator disetiap aspek tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa channel Benni al azhri dapat membantu kesulitan belajar matematika materi pola bilangan mulai dari aspek isi yang memenuhi kompetensi dasar (KD) kurikulum 2013 sehingga tercapainya tujuan pembelajaran materi pola bilangan kelas VIII SMP. Selain itu aspek grafika yang memuat gambar dan ilustrasi dan dalam aspek bahasa yang digunakan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan serta ada beberapa bahasa yang tidak baku. Urutan kedua channel le guru les dari aspek isi yang memenuhi kompetensi dasar (KD, namun aspek grafika channel ini masih kurang karena tidak menampilkan gambar atau ilustrasi didalam video. Urutan ketiga channel matematika mania dari aspek isi sudah memenuhi KD, selain itu aspek grafika yang digunakan gambar dan ilustrasinya sudah menarik dan kreatif.serta bahasa yang digunakan sesuai EYD. Urutan keempat channel kimatika sudah sesuai dengan KD, namun dalam animasi gambar kurang kreatif dan bahasa yang digunakan menggunakan bahasa baku. Dan urutan terakhir channel matematika spekta dalam penyampaian tujuan pembelajaran belum rinci dalam membahas stimulus, gambar dan ilustrasi yang interaktif.
Kata Kunci: Channel Youtube, Pola Bilangan, Video Pembelajaran
The study aimed to determine the characteristics of mathematics learning videos for junior high school grade VIII based on the highest number of viewers on the Youtube platforms Le Guru Les, Benni al azhri, Math Mania, Spekta Math, and Kimatika. This research utilized a descriptive qualitative research approach using the content analysis method. Data were collected through analysis activities on 3 aspects, including content, graphics, and language aspects, which contained several indicators in each of these aspects. The result showed that the Benni al azhri channel was able to assist with the learning difficulties of mathematics number pattern material, from the content aspect, which fulfilled the basic competencies (KD) of the 2013 curriculum, so that the learning objectives of the number pattern material for class VIII Junior high school were achieved. In addition, the graphical aspect also contains images and illustrations, and the aspect of language used is the refined spelling even though there is some language that is not standardized. Second, Le Guru Les channel from the content aspect has fulfilled the basic competencies (KD), but the graphical aspect of this channel was still lacking because it did not display pictures or illustrations in the video. Third, the math mania channel from the content aspect has met the KD, besides that graphical aspects used by the images and illustrations were interesting and creative and the language used was following the EYD. Fourth, the Kimatika channel followed the KD, but in the animations, the images were less creative and it used standard language. Finally, the Specta Math channel in delivering learning objectives has not been detailed in discussing stimulus, interactive images, and illustrations. Keywords: Youtube Channel, Number Pattern, Learning Video